Kebetulan minggu ini ada libur panjang akhir pekan, yakni pada 8-11 Februari yang berkaitan dengan peringatan Isra Mikraj, cuti bersama....
Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengimbau pengelola destinasi wisata khususnya wisata alam untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan wisatawan.

"Kebetulan minggu ini ada libur panjang akhir pekan, yakni pada 8-11 Februari yang berkaitan dengan peringatan Isra Mikraj, cuti bersama, dan Tahun Baru Imlek," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Wardoyo di Purwokerto, Banyumas, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, sebagian masyarakat dapat dipastikan akan memanfaatkan libur panjang akhir pekan tersebut dengan berwisata.

Oleh karena itu, lanjut dia, kemungkinan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan harus diantisipasi oleh pengelola destinasi wisata terutama wisata alam mengingat saat sekarang sering terjadi hujan lebat.

Baca juga: Destinasi wisata Bantul dikunjungi 199.352 orang selama Januari 2024

Menurut dia, pengelola destinasi wisata alam harus melakukan mitigasi untuk mengantisipasi risiko bencana terutama ketika terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang berpotensi mengakibatkan tanah longsor, banjir bandang, dan pohon tumbang.

"Jangan semata-mata ingin meraup pendapatan maksimal dengan memanfaatkan libur panjang akhir pekan, namun faktor keamanan dan keselamatan wisatawan kurang diperhatikan. Mitigasi bencana tetap harus diperhatikan," katanya menegaskan.

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau pengelola destinasi wisata alam untuk memerhatikan kondisi pepohonan di objek wisata, sehingga jika ada yang berpotensi tumbang harus segera ditangani.

Baca juga: Pantai Cipunaga jadi lokasi tujuan wisata baru Kabupaten Sukabumi

Selain itu, kata dia, memasang rambu peringatan di lokasi-lokasi yang rawan bencana termasuk menyiapkan jalur beserta titik evakuasi.

"Insyaallah, semua destinasi wisata alam di Banyumas sudah menyiapkan semua itu, terutama objek-objek wisata milik pemerintah daerah," kata Wardoyo.

Bahkan, kata dia, di Taman Hiburan Rakyat (THR) Panglima Besar Soedirman yang dikelola Dinporabudpar Kabupaten Banyumas saat sekarang sudah ada penambahan fasilitas gazebo untuk memberikan kenyamanan pengunjung saat cuaca panas maupun hujan.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024