Kami telah berhasil melaksanakan evakuasi pohon tumbang di jalan lintas Desa Kedaton dengan menerjunkan sebanyak tujuh personel
Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan mengevakuasi pohon tumbang yang yang menghalangi jalan di Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah saat dihubungi dari Pesisir Barat, Selasa, mengatakan pihaknya menerjunkan tujuh personel dalam mengevakuasi pohon tumbang di Lampung Selatan.

"Kami telah berhasil melaksanakan evakuasi pohon tumbang di jalan lintas Desa Kedaton dengan menerjunkan sebanyak tujuh personel," kata dia.

Ia mengatakan batang pohon tersebut menutupi badan jalan hingga mengakibatkan jalur tersebut sempat terhambat.

Proses evakuasi pohon tumbang tersebut, lanjutnya, berjalan lancar dan setelah petugas membersihkan jalan dari sisa ranting pohon, arus lalu lintas kembali normal.

Baca juga: Angkot JakLinko tertimpa pohon tumbang saat melintas di Cakung

Rully menjelaskan kronologi peristiwa pohon tumbang tersebut bermula pada saat seorang warga setempat melaporkan adanya pohon tumbang akibat curah hujan yang cukup tinggi serta angin yang kencang.

"Ada salah satu warga menghubungi Pos Kalianda bahwa ada pohon tumbang. Sigap anggota piket bergegas untuk berangkat menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap," katanya.

Evakuasi, kata dia, berjalan kurang lebih satu jam setengah meskipun saat itu di lokasi yang masih hujan deras, namun personel tetap melakukan evakuasi agar akses jalan tersebut dapat dilalui.

"Sekitar pukul 15:00 WIB sampai di lokasi, kemudian kurang lebih satu jam dua puluh menit evakuasi pohon tumbang selesai jam 16:20 WIB," ujarnya.

Baca juga: Pohon tumbang, Polres Cianjur alihkan kendaraan ke jalur alternatif

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024