Padang (ANTARA News) - Nilai transaksi penukaran mata uang riyal Saudi oleh jamaah calon haji pada jasa penukaran uang asing di Asrama Haji Tabing Embarkasi Padang rata-rata mencapai Rp70 juta setiap hari sejak keberangkatan kloter pertama.

Data yang dihimpun dari dua gerai jasa penukaran uang asing di kompleks Asrama Haji Tabing yaitu PT Equator Valuta Mas dan Jasa Penukaran Uang Ustadz Hasan Basri total nilai transaksi mencapai Rp70 juta per hari.

Menurut pemilik gerai penukaran mata uang asing PT Equator Valuta Mas, Ria di Padang, Rabu, pihaknya melayani transaksi penukaran mata uang rupiah menjadi riyal dari jamaah calon haji dengan nilai transaksi rata-rata Rp65 juta per hari.

Meskipun jamaah calon haji telah dibekali biaya hidup (living cost) sebesar 1.500 riyal atau setara Rp5 juta selama berada di Arab Saudi, minat mereka untuk melakukan penukaran tetap tinggi, lanjut dia.

Menurutnya, jamaah sengaja menukarkan riyal untuk kebutuhan berbelanja, berinfak serta lainnya.

Dalam penukaran pihaknya menyiapkan dua paket yaitu Rp100 ribu dan Rp1 juta dengan nilai tukar 1 riyal Saudi setara dengan Rp3.400 atau mengalami kenaikan sebesar Rp400 dibandingkan tahun lalu.

Paket pertama terdiri atas pecahan 1, 5 dan 10 riyal dengan jumlah total 29 riyal dan paket kedua berisi pecahan 1, 5, 10, 20, 50 serta 100 real dengan jumlah 294 riyal, kata dia.

Selain itu, pihaknya tetap melayani penukaran riyal dalam pecahan berapa saja sesuai permintaan jamaah.

Menurutnya, pecahan riyal yang paling banyak ditukar jamaah adalah 1 dan 5 riyal yang biasanya digunakan untuk berinfak dan belanja kebutuhan sehari-hari sehingga lebih praktis.

Jika hendak menggunakan uang pecahan besar tentu harus menunggu kembalian dan akhirnya merepotkan jamaah, kata dia.

Sementara, petugas gerai penukaran mata uang asing Ustadz Hasan Basri, Akmal menyebutkan dalam dua hari terakhir pihaknya melayani penukaran riyal dengan transaksi rata-rata Rp7 juta.

Gerai penukaran Riyal yang berada di komplek Asrama Haji tabing Padang tersebut, buka sejak pukul 07.30 WIB dan ditutup pukul 20.00 WIB. dilayani oleh satu petugas serta didampingi satu orang keamanan.

Jasa penukaran akan dibuka hingga keberangkatan kloter terakhir pada 5 Oktober 2013.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013