Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) membuka penjaringan calon anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UI mewakili unsur masyarakat untuk masa bakti periode 2024–2029.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia Amelita Lusia, di Kampus UI Depok, Selasa menjelaskan pendaftaran dibuka 7—25 Februari 2024.

MWA merupakan organ di UI yang menjalankan fungsi normatif di bidang nonakademik mewakili pemerintah, masyarakat, dan UI untuk menentukan kebijakan umum, mengawasi, dan mengevaluasi pengelolaan UI.


Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2021 tentang Statuta UI, Anggota MWA berjumlah 17 orang yang terdiri atas enam unsur, yaitu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), rektor, tujuh wakil dosen, enam wakil masyarakat, satu wakil tenaga kependidikan, dan satu wakil dari mahasiswa. Setiap lima tahun sekali, diselenggarakan proses pemilihan anggota MWA baru.

Baca juga: Ketua MWA berharap UI terus terdepan hasilkan SDM unggul
Baca juga: Dua tahun luring, Ketua MWA UI berbaur bersama ribuan wisudawan


Amelita menjelaskan melalui penjaringan ini, UI mengundang putera dan puteri terbaik bangsa untuk menjadi Anggota MWA UI yang akan menempati unsur masyarakat (enam anggota).

Dua di antaranya akan menjadi ketua komite audit dan ketua komite risiko dengan syarat memiliki kompetensi di bidang organisasi, akuntansi, dan keuangan serta manajemen risiko, serta memiliki cukup waktu dan komitmen untuk melaksanakan tugasnya.

Adapun tugas dan kewajiban MWA di antaranya adalah menetapkan kebijakan umum UI setelah mendapatkan pertimbangan dari Rektor, Senat Akademik (SA), dan Dewan Guru Besar (DGB); melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan dan pengelolaan kondisi keuangan UI, serta mengupayakan dan memfasilitasi penggalangan dana dan pengembangan aset UI.

Selain itu melakukan pengawasan terhadap pengelolaan kegiatan nonakademik UI sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; mengesahkan Rencana Pengembangan Jangka Panjang, Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan, dan Rencana Kerja Anggaran serta mengevaluasi implementasinya; juga mengangkat dan memberhentikan Rektor UI.

Masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dapat melihat informasi selengkapnya melalui laman ui.ac.id/pemilihanMWA. Calon wakil masyarakat yang lolos tahap administrasi akan diumumkan pada 13 Maret 2024.

Selanjutnya, akan diminta masukan masyarakat terhadap calon anggota MWA pada 13–17 Maret 2024, dan diakhiri dengan Pemilihan Anggota MWA (Rapat Paripurna Senat Akademik UI) pada 21 Maret 2024.

Baca juga: MWA UI gelar Sidang Paripurna LPJ Rektor UI 2021
Baca juga: Jalan panjang perubahan PP Statuta UI
Baca juga: MWA UI akan gelar webinar soal pendidikan Indonesia

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024