Banjarmasin (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dalam program pengampuan untuk mengembangkan pelayanan kanker.

“RSUD Ulin dan RSCM sudah melakukan penandatanganan MoU, kita akan menjalankan beberapa program pengampuan agar kualitas pelayanan kanker lebih baik lagi,” kata Direktur Utama RSUD Ulin Banjarmasin Diauddin di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: RSUD Ulin hadirkan terapi radiasi kanker pertama di Kalsel dan Kalteng

Dia menyebut langkah ini untuk mewujudkan pelayanan pasien kanker di Kalimantan Selatan sama kualitasnya dengan pelayanan kanker di pusat.

“RSCM akan memberikan program pengampuan kanker dan kita berharap pelayanan kanker dapat diterapkan di 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Diauddin menuturkan RSUD Ulin sudah memiliki sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan yang cukup, bahkan beberapa dokter juga di sekolahkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas dokter di daerah tersebut.

Selain itu, RSUD Ulin Banjarmasin juga telah mengajukan bantuan alat kesehatan berupa pelayanan kanker ke Kementerian Kesehatan yang rencananya diterima pada tahun ini.

Baca juga: Wamenkes resmikan pengampuan layanan kanker RSCM untuk empat provinsi

Baca juga: FKUI: Tingkatkan kualitas pelayanan kanker demi Indonesia Emas 2045


Diauddin berharap melalui kerja sama tersebut, pelayanan kanker dapat lebih meningkat dan menyebar di 13 kabupaten/kota agar masyarakat tidak lagi kesulitan mencari rumah sakit yang memiliki pelayanan kanker.

“Kita mengupayakan semua kabupaten/kota memiliki layanan kanker agar masyarakat di Kalimantan Selatan tidak perlu lagi jauh-jauh berobat ke luar daerah atau ke Pulau Jawa,” ujarnya.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024