Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI mengimbau seluruh tempat-tempat keramaian di Jakarta bisa turut aktif memeriahkan perayaan Imlek 2024.
 
"Pertama melalui Disparekraf mengimbau di tempat-tempat keramaian seperti mal, restoran, untuk bisa turut serta aktif merayakan Imlek tahun ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada ANTARA di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Heru menyebut, imbauan untuk mendukung perayaan Imlek tersebut diantaranya lewat kemeriahan diskon, ornamen-ornamen bernuansa Imlek, penampilan-penampilan seni budaya, serta kemudahan berbelanja lainnya.
 
Diakui Heru, perayaan Imlek 2024 ini sedikit berbeda dari perayaan Imlek tahun sebelumnya lantaran masih berlangsungnya rangkaian menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Kegiatannya tentunya mungkin berbeda dengan 2023, tahun 2024 ini lebih sederhana terkait dengan masih adanya rangkaian pemilu," ujarnya.

Baca juga: Kemeriahan Tahun Baru Imlek 2024 yang kian terasa
 
Heru mengemukakan, Disparekraf dan Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta telah mulai menyiapkan rangkaian dan kemeriahan Imlek 2024 sejak seminggu yang lalu.
 
Rangkaian kemeriahan perayaan Imlek 2024 di Dinas Kebudayaan, lanjutnya, meliputi kegiatan di Taman Ismail Marzuki (TIM) dan tempat-tempat lain berupa penampilan tarian perayaan Imlek.
 
"Kalau Dinas Pariwisatanya tentunya seperti yang saya sebutkan, ada di restoran, mal, mereka mengimbau supaya semua keramaian dan kemeriahan bernuansa Imlek. Jadi rangkaiannya disiapkan di Disparekraf DKI dan Disbud DKI," ucap Heru.
 
Menjelang perayaan Imlek, sejumlah tempat di Jakarta mulai bersolek, diantaranya Vihara Bahtera Bakti di Jalan Pasir Putih Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan Kota Jakarta Utara. Vihara yang berusia sekitar 600 tahun ini bersolek untuk menyambut perayaan Imlek 2024 mulai dari bersih-bersih dan menata pernak pernik tahun baru China. 
 
"Kami melakukan bersih-bersih dan menata pernak-pernik Imlek dalam menyambut perayaan," kata Seksi Humas Vihara Bahtera Bhakti, Aprianto di Jakarta, Selasa (6/1).

Baca juga: Ancol gelar sejumlah pertunjukan khusus saat Imlek 2024

Tidak hanya tempat ibadah, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) juga menyiapkan sejumlah pertunjukan khusus untuk menyambut perayaan Imlek 2024 bertajuk Ancol Lunar Festival.
 
Rangkaian Ancol Lunar Fest 2024 akan berlangsung mulai dari 8 hingga 11 Februari 2024. Beberapa pertunjukan spesial itu seperti Underwater Dragon Show & Barongsai Darat di Sea World. Kemudian Underwater Dragon Show & Mermaid di Samudra Ancol.
 
Lalu ada Kungfu Show, Barongsai Tonggak, Liong dan Bagi-bagi Angpao di Dufan. Parade Barongsai & Liong serta games berhadiah di Atlantis dan The Dragon Show di Pantai Lagoon, serta Special Bird Show di Jakarta Bird Land.

Baca juga: Sambut Tahun Baru Imlek, pusat perbelanjaan di Jakarta mulai bersolek
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024