Jakarta (ANTARA) - Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo, mengatakan pasangan calon nomor urut 2 tersebut memiliki solusi untuk menanggulangi masalah kesehatan di Indonesia, salah satunya dengan membangun rumah sakit bertaraf internasional di setiap kabupaten.

Dalam Gelar Wicara Masa Depan Kesehatan Bangsa di Mata Perempuan Indonesia, yang digelar TKN Fanta di Jakarta, Selasa (6/2), Hashim menyebutkan terdapat 250 kabupaten di Indonesia belum memiliki rumah sakit dengan fasilitas memadai.

"Kita harus mendirikan rumah sakit-rumah sakit yang bagus di setiap kabupaten di Indonesia," kata Hashim dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selain itu, lanjut Hashim, Prabowo-Gibran juga akan memberikan beasiswa pendidikan untuk 10 ribu dokter, karena berdasarkan data yang dia dapat, Indonesia kekurangan 140 ribu dokter.

"Kita harus melatih, mendidik 140 ribu dokter. Prabowo punya ide untuk menanggulangi kekurangan dokter spesialis. Maka, ada program Prabowo mau kirim 10 ribu dokter dengan beasiswa pemerintah untuk dapat pendidikan dokter setiap tahun," kata adik Prabowo Subianto tersebut.

Baca juga: Hashim minta TKN Prabowo-Gibran sikapi soal kebocoran data KPU

Hashim menambahkan program makan siang gratis yang kerap diutarakan Prabowo-Gibran ditujukan untuk anak-anak dan ibu hamil, dengan tujuan menanggulangi masalah kesehatan di Indonesia, terutama kasus kekerdilan pada anak atau stunting.

"Kenapa harus ibu-ibu? Karena setiap tahun lahir 50 ribu anak cacat, cacat tubuh, cacat otak; ini karena ibu mereka kekurangan dan tak mendapat cukup makanan. Salah satu pasangan calon yang ada jawaban dan ada solusi adalah Prabowo-Gibran. Ini adalah ide yang sudah lahir 16 tahun lalu," kata Hashim.

Dalam acara tersebut, hadir dua narasumber, yakni dokter sekaligus pengusaha dr. Siska Khairunnisa dan Miss International Indonesia 2022 dr. Cindy May McGuire. Bertindak sebagai moderator adalah selebritas Marcella Simon.

Baca juga: TKN: Program makan siang gratis Prabowo-Gibran tak pakai dana bansos

Siska mengatakan bahwa kesehatan sangat penting bagi sebuah bangsa, karena kesejahteraan sebuah bangsa ditentukan dari tingkat kesehatannya. Dia pun mendukung program makan siang dan susu gratis bagi anak-anak dan ibu hamil.

"Saya beri acungan jempol untuk Bapak Prabowo yang sudah beri inisiasi untuk memberikan makan siang gratis untuk anak dan ibu hamil. Program makan siang gratis ini terobosan yang bagus dan sudah dibuktikan di beberapa negara, namun hal baru di Indonesia," kata Siska.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Hashim nyatakan Prabowo tidak perlu mundur dari jabatannya

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024