Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan peningkatan wisatawan yang menghadiri perhelatan F1 Powerboat Danau Toba 2024 naik sebesar 20–25 persen, dari yang sebelumnya 100 ribu orang.

“Karena event ini tahun lalu itu (F1 Powerboat Danau Toba 2023) satu hari dan yang pertama. Jadi, ini kenaikannya kami minta 20–25 persen,” ujar Sandiaga Uno dalam Konferensi Pers F1 Powerboat Danau Toba yang digelar di Gedung Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Rabu.

Dengan demikian, jumlah kisaran wisatawan yang menjadi target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencapai kurang lebih 125 ribu orang.



Dengan jumlah wisatawan yang lebih tinggi tersebut, kata Sandiaga, ia berharap dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat lokal karena menonjolkan produk-produk ekonomi kreatif dan budaya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga berharap agar masyarakat dapat mendorong peningkatan produk kuliner, kriya, dan fesyen dari Toba.

“Sudah kita lakukan pelatihan di sentra ekonomi,” kata Sandiaga.

Baca juga: Menko Luhut: Dampak ekonomi F1 Powerboat 2023 capai Rp1,68T

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno mengingatkan bahwa yang terpenting dari penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba ini adalah eksposure yang diperoleh untuk memperkenalkan destinasi baru di Indonesia.

Yang hadir di lokasi mungkin 100–200 ribu orang, tutur Sandiaga, namun sorotan dari media yang melakukan peliputan atau menyebarkan gambar-gambar F1 Powerboat Danau Toba melalui media digital dapat menjangkau jutaan atensi dari seluruh dunia.

“Impresi daripada tampilan Danau Toba ini ternyata mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia,” ujar Sandiaga. 

Baca juga: Menpora: Kejuaraan F1 Powerboat tingkatkan kepercayaan dunia

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024