"Ratusan personel yang menjalani pemeriksaan kesehatan ini siap diberangkatkan untuk membackup personel di Polres jajaran dalam mengamankan TPS saat Pemilu di NTT,"
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 414 personel Polda NTT bawah kendali operasi (BKO) untuk membantu pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di sembilan Polres di NTT menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diberangkatkan ke lokasi.

Kabid humas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, kepada wartawan di Kupang, Rabu menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan untuk memastikan bahwa semua personel yang diturunkan dalam pengamanan pemungutan suara di TPS dalam kondisi sehat dan tidak ada permasalahan kesehatan.

"Ratusan personel yang menjalani pemeriksaan kesehatan ini siap diberangkatkan untuk membackup personel di Polres jajaran dalam mengamankan TPS saat Pemilu di NTT," katanya.

Dia menjelaskan bahwa Pemeriksaan kesehatan ini dipimpin oleh Paur Kesmapta Biddokkes Iptu Elder Lando, meliputi tes tinggi badan, berat badan, mata/visus, darah, urine, rontgen, ekg, gigi/odontogram, fisik dokter, dan kesehatan jiwa.

Kabiddokkes Polda NTT, Kombes Pol dr. Sudaryono, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk memastikan kondisi kesehatan personel yang akan bertugas dalam pengamanan Pemilu 2024.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan personel yang bertugas dalam keadaan sehat dan prima, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal," jelasnya.

Hasil pemeriksaan kesehatan akan menjadi acuan bagi Subsatgas Dokkes OMB dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada personel yang bertugas.

Dia menjelaskan bahwa jika ada personel yang ditemukan memiliki masalah kesehatan, maka akan diberikan rekomendasi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Kalau ada yang ditemukan sakit atau bermasalah dengan kesehatannya maka akan direkomendasi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," ujar dia.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan Polda NTT dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024.

Dia juga menambahkan bahwa dengan memastikan kondisi kesehatan personel yang prima, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kendala dan gangguan kesehatan selama pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024