Beijing (ANTARA) - China akan menerapkan serangkaian kebijakan, seperti mendorong pembelian kendaraan dan peralatan rumah tangga, guna menggenjot konsumsi pada 2024, ujar seorang pejabat Kementerian Perdagangan China pada Selasa (6/2).

"Mobil, peralatan rumah tangga, dan perabotan rumah merupakan fokus konsumsi tradisional dan sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat," tutur Wakil Menteri Perdagangan China Sheng Qiuping dalam sebuah konferensi pers.

China akan berupaya mendorong praktik tukar tambah (trade-in) kendaraan pada tahun ini mengingat tingginya permintaan masyarakat dan potensi penggantian kendaraan, urai Sheng.

Tahun lalu, total penjualan mobil baru di China menembus 30 juta unit untuk pertama kalinya, naik 12 persen secara tahunan (year on year).

Volume perdagangan mobil bekas di negara itu mencapai 18,41 juta unit pada 2023, naik hampir 15 persen.

Jumlah kepemilikan mobil di China tercatat 340 juta, menduduki peringkat teratas di dunia, lanjut wakil menteri tersebut.

China juga akan mendorong renovasi rumah tua dan penggantian peralatan rumah tangga, sebagai bagian dari paket kebijakan untuk menggenjot permintaan dalam negeri, imbuh Sheng. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024