Aktivitas wisata akan dibuka kembali pada 15 Februari 2024 atau sehari setelah hari pencoblosan.
Banyuwangi (ANTARA) - Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ditutup sementara buat kunjungan wisatawan pada hari pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Serentak 14 Februari 2024 sesuai Surat Edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

Penutupan sementara kunjungan wisatawan TWA Kawah Ijen yang tertuang dalam Surat Edaran SE.288/K2/BIDTEK.1/KSA/2/2024, dan diterbitkan pada 5 Februari lalu ditandatangani oleh kepala BBKSDA Jatim Nur Patria Kurniawan.

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Purwantono, di Banyuwangi, Rabu, menjelaskan bahwa penutupan ini dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang.

"Jadi, penutupan (bagi kunjungan wisatawan) hanya dilakukan satu hari. Aktivitas wisata akan dibuka kembali pada 15 Februari 2024 atau sehari setelah hari pencoblosan," katanya pula.

Surat edaran tersebut menjelaskan bahwa TWA Kawah Ijen yang terletak di antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi itu mempunyai fungsi, salah satunya adalah untuk kegiatan pariwisata dan rekreasi alam.

Penutupan sementara bagi kunjungan wisatawan ini dalam rangka menyemarakkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada agenda nasional pemilihan umum (pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD).

Purwantono mengatakan, penutupan sementara kunjungan wisatawan TWA Kawah Ijen menjadi bentuk dukungan untuk menyukseskan pemilu.

"Jangan sampai nanti orang tidak memilih (tidak datang ke TPS) gara-gara kami tetap buka kunjungan wisata. Pemilu adalah hajat nasional, sehingga seyogianya seluruh masyarakat turut menyukseskannya," ujarnya lagi.
Baca juga: Pengelola Kawah Ijen catat kunjungan wisatawan capai 15.000 orang
Baca juga: Pengelola TWA Ijen catat di jalur pendakian ada 13 titik rawan longsor

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024