"Saya sudah berkomunikasi langsung dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Gus Kikin, bahwa posisi Ponpes Tebuireng saat ini adalah netral. Jadi tidak betul kalau ada yang mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng,”
Jakarta (ANTARA) - Putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh yang akrab disapa Yenny Wahid menegaskan bahwa pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur tidak mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden mana pun yang berkontestasi pada Pilpres 2024.

Ia mengaku telah berkomunikasi langsung dengan Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin.

"Saya sudah berkomunikasi langsung dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Gus Kikin, bahwa posisi Ponpes Tebuireng saat ini adalah netral. Jadi tidak betul kalau ada yang mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng,” kata Yenny dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Yenny mengingatkan apabila ada keluarga Tebuireng yang mendukung paslon tertentu, dipastikan itu adalah sikap pribadi. Dukungan itu tidak dapat mengatasnamakan Ponpes Tebuireng, termasuk dirinya yang kini menjabat Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud.

"Saya juga keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng. Tapi, ketika beraktivitas politik di luar sana, dan sudah jelas dukungan kita di Paslon 3, saya tidak akan mengatasnamakan Pondok Pesantren Tebuireng. Sikap ini untuk menjaga marwah dan kehormatan Pondok Pesantren Tebuireng. Jangan dibawa-bawa ke urusan politik praktis," ujarnya.

Sebelumnya, Selasa (6/2), Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyatakan doa dan dukungannya bagi kemenangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilu 2024.

Dukungan Pesantren Tebuireng, Jombang tersebut disampaikan langsung oleh dzurriyah atau keturunan dari K.H. Hasyim Asy'ari, yang merupakan pendiri pesantren tersebut, yakni Gus Irfan Yusuf, Gus Billy Wahid, Gus Yusuf Adnan Kikin dan Gus Ivan Fahmi dalam acara Maklumat Tebuireng di pesantren tersebut.

"Mengajak semua pihak untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu 14 Februari 2024. Dengan mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029," kata perwakilan dari Pesantren Tebuireng, Jombang, Gus Ivan di Jombang, Selasa.

Gus Ivan mengatakan dukungan itu merupakan maklumat. Dirinya berharap maklumat dukungan Pesantren Tebuireng, Jombang pada Prabowo-Gibran itu agar diikuti oleh para santri dan alumni.

Pihaknya menambahkan, Ponpes Tebuireng juga berharap agar kontestasi Pemilu 2024, yang akan berlangsung 14 Februari 2024 bisa berlangsung lancar dan damai. Tebuireng menilai perlu adanya kepemimpinan yang berkelanjutan yang sesuai dengan semangat mengayomi seluruh pihak.

Menurut dia, sebagai pesantren yang memiliki sejarah panjang dan pengaruh besar, Maklumat Tebuireng ini dinilai akan sangat signifikan bagi suara Prabowo-Gibran utamanya di wilayah basis santri.

Dukungan Pesantren Tebuireng ini, tambah dia, juga menjadi suntikan positif bagi target satu putaran yang dicanangkan oleh tim sukses pasangan nomor urut 02 itu.

Hadir dalam acara itu Ketua Lakpesdam NU nonaktif yang juga Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua TKN Muda Prabowo-Gibran Arief Rosyid Hasan, dan Tsamara Amany.

Hadir pula sesepuh dari Pesantren Tebuireng, Jombang, Nyai Farida Solahudin Wahid. Setelah singgah di ndalem kasepuhan, Erick Thohir ziarah ke makam K.H. Hasyim Asy'ari, Gus Dur, dan tokoh-tokoh Tebuireng lainnya.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024