Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) melakukan sosialisasi jalur penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat tahun 2024 di Balai Purnomo Prawiro kampus setempat.

Sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 500 perwakilan pimpinan sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Bimbingan Konseling (BK). Tidak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya, perwakilan pimpinan sekolah juga dari Semarang dan Jawa Tengah.

Sekretaris Universitas Indonesia dr Agustin Kusumayati di Kampus UI Depok, Rabu, mengatakan tujuan utama sosialisasi adalah mengkomunikasikan jalur masuk dan seleksi mahasiswa baru ke UI kepada masyarakat yang berkepentingan, yakni sekolah, pimpinan sekolah, para guru, dan siswa calon mahasiswa beserta orangtua dan keluarga.

Baca juga: Menteri Bahlil memotivasi mahasiswa baru UI jadi pengusaha

"Saya berpesan kepada seluruh calon mahasiswa supaya tidak ragu memilih UI, karena kamp;us ini berkomitmen memberikan akses yang adil kepada calon mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia dan dari seluruh tingkatan sosial ekonomi," katanya.

Hadir sebagai narasumber, Sekretaris Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si., M.Kom., dan Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI, Dr Gunawan, ST., MT. Sosialisasi dipimpin oleh Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Dra. Amelita Lusia, M.Si.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 62 Tahun 2023, jalur masuk penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), termasuk UI, terbagi menjadi dua skema, yaitu jalur nasional dan jalur mandiri.

Untuk jalur nasional, UI menyediakan 50 persen dari total daya tampung, dengan rincian 20 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 30 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Sementara itu, 50 persen dari total daya tampung UI akan diperebutkan melalui jalur mandiri.

Baca juga: SIMAK UI terima 2.125 calon mahasiswa, 93 dari Program KIP Kuliah

Baca juga: UI terima 65 mahasiswa baru melalui jalur prestasi olimpiade


Jalur mandiri UI terbagi dalam dua jalur, yaitu jalur ujian dan jalur tanpa ujian. Jalur ujian UI adalah SIMAK UI, yang terdiri atas SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi, SIMAK untuk Sarjana Kelas Internasional, dan SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Sementara itu, jalur tanpa ujian UI yang dapat ditempuh adalah jalur prestasi dan pemerataan kesempatan belajar (PPKB) untuk Sarjana dan Vokasi, jalur Talent Scouting (TS) untuk Sarjana Kelas Internasional, dan Seleksi Jalur Prestasi (SJP) untuk Sarjana.

Pada tahun 2024, UI menambahkan daya tampung untuk mengakomodasi lebih banyak calon mahasiswa baru.

Kepala PMB UI, Gunawan mengatakan pada 2024, UI menerima 10.473 calon mahasiswa dari sarjana dan vokasi, naik dibandingkan tahun 2023 sebanyak 10.159 mahasiswa.


Ia menambahkan dari daya tampung total sarjana vokasi tersebut, terdiri atas sarjana 8.823 mahasiswa dan vokasi 1.650 mahasiswa.

Sementara itu, daya tampung SNBP sebanyak 2.105 dengan rincian sarjana 1.775 mahasiswa dan vokasi 330 mahasiswa, sedangkan jalur SNBT menerima sebanyak 3.164 mahasiswa yang terdiri atas 2.666 mahasiswa dan 498 mahasiswa.

Tahun ini, UI mengikutsertakan 64 program studi sarjana dan 15 program studi vokasi (9 Diploma III dan 6 Diploma IV).

Masa Pengisian Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi SNBP 2024 bagi sekolah sedang berlangsung dan berakhir pada 9 Februari 2024.

Selanjutnya, disusul oleh Pendaftaran SNBP oleh siswa mulai 14 Februari hingga 28 Februari 2024. UI juga segera membuka jalur Talent Scouting pada 28 Februari hingga 22 Maret 2024 untuk Sarjana Kelas Internasional.

Sekretaris SNPMB, Bekti menegaskan siswa yang dinyatakan lulus seleksi SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN manapun. Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah mendaftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju, juga tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024.

Baca juga: UI terima 410 mahasiswa baru melalui jalur Talent Scouting 2023

Bekti mengimbau calon mahasiswa baru untuk menunggu pengumuman hasil SNBT terlebih dahulu sebelum mendaftar jalur mandiri pada PTN tujuan.

Informasi terkait Pendaftaran Seleksi Nasional dapat dilihat pada tautan snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Sementara informasi terbaru mengenai UI dapat diakses melalui ui.id/penerimaan dan pendaftaran Seleksi Mandiri UI dapat di akses melalui tautan penerimaan.ui.ac.id. Pertanyaan perihal jalur penerimaan mahasiswa baru juga dapat diajukan melalui surel penerimaan@ui.ac.id atau humas-ui@ui.ac.id.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024