Jakarta (ANTARA) - Kelompok petani tebu di Sumatera Utara (Sumut) pilih mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka karena mereka beranggapan Prabowo ahli dalam membenahi pertanian.

"Banyak yang harus dibenahi di dalam sektor pertanian untuk melakukan pembenahan itu Pak Prabowo lebih tahu bagaimana caranya," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI ) Soemitro Samadikoen dalam keterangan tertulis usai menghadiri acara deklarasi dukungan di Binjai, Sumut, Rabu.

Menurut dia, Prabowo memiliki banyak pengalaman di bidang pertanian, apalagi pernah menjadi Ketua Umum DPN Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Dengan latar belakang tersebut, Soemitro menilai Prabowo memahami kebutuhan dan kendala yang kerap dihadapi para petani di wilayah.

Dengan pengalaman itu, dia berharap Prabowo-Gibran bisa memberikan kebijakan yang tepat sasaran guna kemakmuran kelompok tani di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APTRI Sumatera Utara wilayah Deli Serdang dan Langkat Iwan Suwandi berharap Prabowo-Gibran akan terus mendengarkan aspirasi petani ketika terpilih nanti.

"Pak Prabowo mau mendengar keluh-kesah petani, beliau juga mudah ditemui. Jadi, wajar jika petani di Sumut menyalurkan aspirasinya kepada Pak Prabowo," kata dia.

Baca juga: Perempuan Tionghoa dukung Prabowo demi keberlanjutan budaya toleransi
Baca juga: Pekat dukung Prabowo-Gibran demi keberlanjutan program pemerintah


Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024