"Saya kira semua mempunyai dasar yang sama untuk menjunjung tinggi demokrasi di Indonesia dan sistem dalam bernegara, serta bagaimana untuk bersama-sama mengembangkan demokrasi ke depan,"
Jakarta (ANTARA) -
Forum Dialog Nusantara (FDN) optimistis seluruh pasangan calon presiden dan wakil presiden serta tim suksesnya akan menciptakan iklim tenteram selama proses Pilpres 2024.
 
Ketua Dewan Penasihat FDN, Ilham Akbar Habibie mengatakan semua pihak harus bekerja sama menjaga marwah demokrasi, sehingga menciptakan iklim yang aman dan damai untuk menjaga Indonesia ke depan.
 
"Saya kira semua mempunyai dasar yang sama untuk menjunjung tinggi demokrasi di Indonesia dan sistem dalam bernegara, serta bagaimana untuk bersama-sama mengembangkan demokrasi ke depan," kata Ilham usai memimpin kegiatan diskusi yang diselenggarakan FDN dengan tema "Pilpres dan memulihkan distorsi kompetisi menjadi kompromi" di Jakarta, Rabu.
 
Ia menjelaskan, diskusi yang mempertemukan perwakilan dari setiap pasangan calon dalam pilpres menjadi jembatan untuk saling memahami visi dan misi masing-masing, serta menambah ruang-ruang komunikasi yang konstruktif untuk kepentingan nasional.
 
Selain itu, kegiatan diskusi hari ini merupakan bentuk kontribusi masyarakat sipil yang peduli dengan penegakan demokrasi di Indonesia.
 
Ia berharap, pemilu setiap lima tahunan itu menjadi momentum untuk saling berkompetisi memberikan yang terbaik untuk negara.
 
Menurut dia, semua pihak harus bersama-sama memastikan kualitas demokrasi selalu lebih baik dan tidak ada kemunduran. Namun, itu tidak bisa terjadi dengan sendirinya dan butuh partisipasi aktif semuanya untuk mewujudkannya.
 
"Saya tanpa keraguan sedikitpun, pemilu akan dijalankan sebaik mungkin dan Insyaallah akan menghasilkan kepemimpinan yang terbaik untuk lima tahun mendatang," ujar putra sulung Presiden ke-3 RI, B.J Habibie itu.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024