Doha (ANTARA) - Total sebanyak 44 atlet, 22 putra dan 22 putri, secara otomatis lolos atau masuk dalam kuota Komite Olimpiade Nasional (National Olympic Committee/NOC) untuk cabang olahraga renang maraton di Olimpiade Paris 2024, sebagaimana dikonfirmasi World Aquatics pada Selasa (6/2).

Tiga pemenang teratas dalam nomor renang perairan terbuka 10km putra maupun putri di Kejuaraan Dunia Akuatik 2023, yang diadakan Juli lalu di Fukuoka, Jepang, mendapat undangan pribadi dan secara otomatis atlet ini dan NOC mereka lolos ke Olimpiade Paris.

Untuk ketegori putri: Leonie Beck (Jerman), emas; Chelsea Gubecka (Australia), perak; Katie Grimes (Amerika Serikat), perunggu.

Untuk kategori putra: Florian Wellbrock (Jerman), emas; Kristof Rasovszky (Hongaria), perak; Oliver Klemet (Jerman), perunggu.
 
   Para atlet berenang pada final 10 km perairan terbuka putri pada Kejuaraan Akuatik Dunia 2024 di Doha, Qatar, 3 Februari 2024. (Xinhua/Xia Yifang)

Sebanyak 19 posisi terakhir untuk atlet putri dan putra terkonfirmasi di Kejuaraan Dunia Akuatik yang sedang berlangsung di Doha.

Di Doha, posisi kuota NOC untuk putra adalah sebagai berikut:

Prancis (2), Inggris (2), Australia (2), Italia (2), Hongaria (1), Israel (1), Ekuador (1), Yunani (1), Amerika Serikat (1), Austria (1), Republik Ceko (1), Meksiko (1), Jepang (1), Namibia (1), dan Polandia (1).

Untuk putri:

Spanyol (2), Brasil (2), Prancis (2), Belanda (1), Portugal (1), Australia (1), Amerika Serikat (1), Italia (1), Monako (1), Jepang (1) , Hongaria (1), Inggris (1), Meksiko (1), Afrika Selatan (1), China (1), dan Kanada (1).

Renang maraton, kompetisi renang perairan terbuka yang dicirikan oleh jarak jauh, memulai debutnya di Olimpiade pada Olimpiade Beijing 2008. Saat Olimpiade Paris 2024, renang maraton akan digelar di Sungai Seine pada 8-9 Agustus. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024