Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengajak massa yang hadir dalam acara Hajatan Rakyat di GOR Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, untuk mengheningkan cipta mendoakan korban banjir Grobogan.

“Politik juga ngurusin kemanusiaan, bahkan di atas politik itu ada kemanusiaan dan itu harus kita kembangkan, maka izinkan saya tidak berorasi banyak, saya ingin mengajak mengheningkan cipta dan berdoa bersama agar banjirnya segera hilang, agar tanaman petani tidak rusak, agar saudara kita tidak terkena penyakit,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Seperti diketahui, tanggul Sungai Lusi jebol di beberapa titik dan J
jebolnya tanggul itu mengakibatkan banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah di Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Bukan hanya pemukiman, air juga meluap ke jalan-jalan.

“Saya mau cerita banyak, tapi hari ini Grobogan sedang berduka. Rasanya tidak perlu berpanjang-panjang karena saudara kita sedang kebanjiran,” kata Ganjar di hadapan para pendukungnya.

Di panggung kampanye akbar itu, Ganjar menyerukan bahwa kemanusiaan lebih tinggi dari politik. Untuk itu, ia mengajak semangat bergotong royong untuk membantu para korban.

“Setiap kampanye ada yang mau dibicarakan, tapi saya ingin membicarakan satu semangat, yaitu kemanusiaan,” ujarnya.

Sikap kemanusiaan itu dibuktikan oleh Ganjar. Tiba di Grobogan, kali pertama adalah meninjau dan menemui korban bencana banjir di Desa Cingkrong, sebelum melakukan safari politiknya.

“Karena tadi di lapangan situasi banjir, saya menemani relawan Ganjar-Mahfud hadir membantu masyarakat, maka izinkan dalam kesempatan yang pendek ini saya ingin menyampaikan terima kasih yang luar biasa,” tuturnya.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024