Untuk mengantisipasi hal tersebut Polri telah menyiapkan pengamanan demi kelancaran mobilitas masyarakat
Jakarta (ANTARA) -
Polri menyiapkan pengamanan arus lalu lintas dan tempat objek wisata pada libur panjang cuti bersama. bertepatan dengan peringatan Isra Mikraj tanggal 8 Februari dan Tahun Baru Imlek 2575/2024 tanggal 10 Februari.
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Rabu, mengatakan dengan adanya libur nasional dan cuti bersama diperkirakan akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat baik di bandara, pelabuhan, stasiun, jalan tol hingga objek wisata.
 
"Untuk mengantisipasi hal tersebut Polri telah menyiapkan pengamanan demi kelancaran mobilitas masyarakat," kata Truno.
 
Jenderal polisi bintang satu itu menyebut, Polri mengantisipasi terjadinya kemacetan yang disebabkan volume kendaraan yang meningkat di beberapa ruas jalan tol yang rawan macet.

Mengantisipasi kemacetan Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem contraflow secara situasional di KM 47 Karawang Barat sampai dengan KM 87 Subang mulai dari tanggal 7, 8 dan 9 Februari untuk arus mudik dan tanggal 10-11 Februari untuk arus balik dari KM 87 Subang sampai KM 47 Karawang Barat.

Baca juga: Pemerintah tetapkan 27 hari libur nasional dan cuti bersama 2024

Baca juga: Menpan RB: Hari libur saat Pemilu diatur Keppres
 
Selain itu, kata dia, Polri juga mengantisipasi gangguan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) lainnya dengan meningkatkan patroli dan kesiapsiagaan personel di wilayah.
 
Tidak hanya itu, lanjut dia, Polri juga mengantisipasi terjadinya bencana alam di sejumlah wilayah yang mengalami curah hujan cukup tinggi.
 
"Polri menyiapkan pasukan atau personel baik dalam rangka keamanan termasuk cuaca hujan, maka perlu mengantisipasi adanya bencana alam," tuturnya.
 
Sedangkan terhadap gangguan kamtibmas, kata Truno, Polri melakukan langkah-langkah proses penegakan hukum secara tegas dan terukur terhadap pelaku-pelaku kejahatan untuk menciptakan kamtibmas.
 
Dalam pengamanan ini, lanjut dia, Polri berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemangku pihak terkait.
 
Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar benar-benar menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban berlalu lintas selama libur cuti bersama di awal tahun 2024 ini.
 
"Semoga sampai di tujuan dengan lancar, aman dan selamat sampai di tujuan dapat berkumpul dengan keluarga serta berdoa agar Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan damai, jaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Truno.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024