Kabupaten Bogor (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) dengan sistem ganjil genap dan sistem satu arah di Jalur Wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama libur panjang dalam peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek pada 8-10 Februari 2024.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Rizky Guntama di Cibinong, Bogor, Rabu, pihaknya akan menerapkan sistem ganjil genap dengan penyekatan kendaraan di beberapa titik, serta menerapkan sistem satu arah, baik ke atas maupun bawah secara tentatif.

"Untuk waktu akan disesuaikan dengan arus lalu lintas yang padat situasi nanti,” ungkap Rizky.

Baca juga: Pemkot Bogor mendukung penyediaan layanan bus BTS tembus Jalur Puncak

Ia menyebutkan kondisi jalur Puncak Bogor mulai terjadi peningkatan volume kendaraan sejak Rabu petang, karena masyarakat yang hendak berlibur biasa mulai memadati jalur penghubung Kabupaten Bogor-Kabupaten Cianjur itu satu hari sebelum waktu libur.

“Biasanya pengalaman yang kita alami itu terus meningkat sampai dengan puncaknya itu di pertengahan liburan, baru mulai menurun saat akan masuk kerja kembali,” kata Rizky.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor dukung perluas layanan bus BTS hingga Puncak

Ia mengimbau masyarakat yang hendak berlibur ke Kawasan Puncak Bogor untuk memeriksa kelayakan kendaraan yang akan digunakan, serta mempersiapkan perlengkapan sesuai aturan yang berlaku untuk keselamatan saat berkendara.

“Bagi pengunjung wisata yang ke Puncak untuk roda dua tetap menggunakan helm kelengkapan untuk berkendara, dan juga melihat kondisi cuaca disiapkan jas hujan dan dicek kembali kendaraannya sebelum bepergian, baik ban, rem maupun kondisi mesin,” tuturnya.

Rizky juga mengingatkan para pengendara agar selalu mematuhi arahan dari petugas yang berjaga di lapangan demi kelancaran lalu lintas.

Baca juga: Rekayasa lalu lintas Jalur Puncak berlaku hingga libur Tahun Baru 2024

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024