Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) bekerjasama dengan PT Mars Indonesia membangun kebun sumber benih kakao di Desa Batupangadaala, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar).

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar Herdin Ismail, di Mamuju, Rabu, mengatakan PT Mars Indonesia ingin mendukung program Pemprov Sulbar yang berupaya meningkatkan produksi kakao.

Herdin mengatakan pula, Pemprov Sulbar menggalakkan program gerakan bangkit membangun perkebunan terintegrasi maju dan mandiri untuk meningkatkan produksi kakao Sulbar.

Pihaknya mengapresiasi PT Mars Indonesia yang telah bersedia bekerjasama dengan Pemprov Sulbar, dengan membangun kebun benih kakao di Polman sebagai dukungan meningkatkan produksi kakao

Dia menambahkan, program kebun kakao yang dibangun tersebut untuk mendukung program Mini Cocoa Academy yang akan dilaksanakan PT Mars di Sulbar dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia mengembangkan tanaman kakao.

"Lahan yang akan menjadi lokasi kebun benih kakao di Polman telah ditinjau dan dilakukan pemeriksaan kondisi tanah, dan dianggap sangat layak untuk mendukung pertumbuhan kakao," katanya.

Ia menyatakan, pemeriksaan kesesuaian lahan dan sekaligus melaksanakan pengukuran pH tanah itu, sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan komoditi kakao.

Dia menyampaikan, dengan adanya kebun benih kakao, maka akan memudahkan pengembangan kakao di seluruh wilayah Sulbar, sehingga produksi kakao yang mencapai 76 ribu ton per tahun dengan luas areal panen 145 ribu hektare dapat terus ditingkatkan.
Baca juga: BRIN rilis 4 varietas baru pinang hingga kakao, bantu dongkrak ekspor

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024