Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Provinsi Banten dan sekitarnya cerah berawan dengan suhu udara 33 derajat Celcius pada Kamis.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Kamis, mengatakan wilayah Banten yang cuacanya cerah berawan pada pagi hari, adalah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat disertai angin kencang pada 6 wilayan Banten
 
Suhu udara berkisar 23-33 derajat Celcius dengan kelembapan 60 -95 persen dan tiupan angin bergerak rata-rata dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 05-30 kilometer/jam.
 
Sedangkan pada siang hari cuaca di enam daerah di Banten berpotensi hujan ringan, yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon. Untuk Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan tidak berpotensi hujan.
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan tinggi gelombang 2,50 meter (sedang) di perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten dan Selat Sunda bagian selatan.

Baca juga: BMKG: Banten berpotensi hujan ringan hingga sedang pada siang hari

Baca juga: BMKG: Waspada hujan di sebagian besar Banten pada siang hari ini 
 
Peringatan dini kewaspadaan itu untuk keselamatan terhadap pelaku pelayaran, khususnya nelayan dan kapal tongkang.
 
Sementara itu, penyeberangan Merak-Bakauheni yang melintasi perairan Selat Sunda bagian utara relatif aman dengan tinggi gelombang 1,25 meter (sedang).

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024