Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berkolaborasi dengan H2O Racing dan Injourney akan membentuk sebuah akademi untuk menjaring atlet-atlet bertalenta untuk olahraga aquabike dan powerboat.

"Hal itu kita sepakati saat Aquabike 2023, dari H2O Racing bersama dengan Injourney dan Kemenpora sudah menunjuk lokasi di Balige untuk menjadi akademi aquabike dan juga powerboat," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, disiarkan laman resmi Kemenpora, Kamis.

"Dengan penyelenggaraan F1 Powerboat Lake Toba yang akan berlangsung hingga 2027 dan kemarin dimulai dengan aquabike, Alhamdulillah ada komitmen juga kita bersama dengan H2O dan Injourney bersama Kemenpora akan membuka Akademi."

Menurut Menpora Dito, akademi tersebut bertujuan untuk menyiapkan riders lokal tanah air berlaga di cabang olahraga aquabike hingga powerboat level internasional.

"Akademi ini bertujuan untuk menyiapkan dimana Indonesia pasti memiliki talenta-talenta nasional yang nantinya akan bertanding mendunia di aquabike dan juga seri powerboat," ujar Menpora Dito.

"Tapi di aquabike mungkin kita sudah memiliki banyak potensi karena aquabike sudah lama berlangsung di Indonesia mungkin yang agak membutuhkan waktu adalah kita menyiapkan riders untuk powerboat."

Baca juga: Menpora: Kejuaraan F1 Powerboat tingkatkan kepercayaan dunia

Menpora Dito berharap sebelum seri tahun 2027 riders Indonesia sudah bisa balapan di aquabike maupun powerboat tingkat nasional dan dunia.

"Jadi, ini adalah dalam rangka mempersiapkan mungkin untuk tahun ini kita belum memiliki pembalap untuk powerboat, namun dengan adanya komitmen dengan akademi ini kita berharap sebelum 2027 kita sudah memiliki pembalap powerboat sendiri asal Indonesia dan akhirnya bisa berlaga di even powerboat series di Danau Toba," kata Menpora.

Perwakilan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), Rendy, mengatakan bahwa IMI Pusat telah menjadi mitra federasi lokal untuk UIM dengan dasar telah disahkannya Komisi Watersport di cabang olahraga IMI, yakni powerboating dan aquabike.

"Dalam rangka mengembangkan F1 Powerboat, IMI akan menyelenggarakan kejuaraan nasional aquabike dengan nama Aquabike Indonesian Championship sebanyak empat seri dimana dua seri akan dilangsungkan di Samosir dan Balige," ujar Rendy.

"Seri pertama Aquabike Indonesian Championship ini akan diselenggarakan menjadi side eventnya F1 Powerboat 2024."

Baca juga: F1 Powerboat Februari 2024 promosikan pariwisata Sumut

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024