Diprediksi akan terjadi peningkatan kendaraan yang melintas hingga 0,86 persen atau 176.099 kendaraan jika dibandingkan dengan tahun 2023
Serang (ANTARA) - Astra Tol Tangerang-Merak (Tamer) memprediksi sebanyak 176.099 kendaraan akan melintas di ruas jalan Tol Tamer pada libur panjang akhir pekan Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek pada Kamis hingga Minggu (11/2).
 
Direktur Astra Tol Tamer, Rinaldi, di Serang, Banten, Kamis, mengatakan bahwa masyarakat akan banyak memanfaatkan libur panjang akhir pekan ini. Sehingga akan terjadi kepadatan arus lalu lintas di Tol Tamer.
 
"Diprediksi akan terjadi peningkatan kendaraan yang melintas hingga 0,86 persen atau 176.099 kendaraan jika dibandingkan dengan tahun 2023 sebanyak 172.253 kendaraan," katanya.
 
Ia mengatakan puncak arus lalu lintas libur panjang Isra’Miraj dan Imlek di ruas Tol Tamer, diprediksi terjadi pada tanggal 7 Februari 2024 dengan kenaikan trafik hingga 3,22 persen atau sebesar 170 ribu kendaraan dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 150 ribu kendaraan.
 
"Pada momen libur panjang ini juga di prediksi mengalami kenaikan trafik sebesar 3,22 persen atau sebesar 170 ribu kendaraan dibanding rata-rata lalu lintas harian normal sebanyak 150 ribu kendaraan," katanya.
 
Pihaknya juga menyampaikan dalam menghadapi momen arus libur panjang Isra’Miraj dan Imlek, ASTRA Tol Tamer siap melayani pengguna jalan, yang diprediksi akan memanfaatkan momen libur panjang ini untuk berwisata maupun pulang kampung bersilaturahmi.
 
Rinaldi juga menyebutkan bahwa pada masa libur panjang ini, telah melakukan peningkatan layanan transaksi untuk mengantisipasi antrian di gerbang tol, diantaranya mengaktifkan tambahan gardu satelit di entrance gate Cikupa, serta menyiagakan petugas untuk mempercepat transaksi di gerbang tol.
 
"Selain layanan transaksi, kami juga memastikan kesiapan fasilitas rest area bersama pihak pengelola, baik dari sisi ketersediaan maupun kebersihannya," katanya.
 
Pihaknya juga menghimbau kepada pengguna jalan untuk mempersiapkan perjalanan diantaranya mengatur jadwal perjalanan untuk menghindari waktu puncak arus lalu lintas serta tidak terjebak kepadatan atau antrian lalu lintas, patuhi aturan keselamatan berkendara, memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) mencukupi, serta selalu cek kondisi traffic dan rute alternatif.
 
Untuk mengetahui info lalu lintas di ruas Tol Tangerang-Merak, pengguna jalan juga dapat melihat beberapa tampilan kamera pantau di website margamandala.co.id, serta update traffic report di media sosial Astra Tol Tamer di titik-titik lokasi penting di ruas Tol Tangerang-Merak.

Baca juga: Pertamina pantau persediaan BBM di SPBU Tol Tangerang-Merak cukup
Baca juga: Tiga juta kendaraan diprediksi melintas di Tol Tangerang-Merak

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024