Bersama Putri Indonesia Bali 2024, kami berharap dapat semakin mengenalkan Desa Keliki sebagai pariwisata energi ....
Denpasar (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menggandeng Putri Indonesia Bali 2024 untuk mengenalkan wisata energi di Desa Keliki, Kabupaten Gianyar, karena memiliki potensi besar mendukung geliat sektor pariwisata.

“Bersama Putri Indonesia Bali 2024, kami berharap dapat semakin mengenalkan Desa Keliki sebagai pariwisata energi yang mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan pariwisata lainnya yang ada di Bali bahkan di Indonesia,” kata Manajer Komunikasi, Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) Ahad Rahedi di Denpasar, Kamis.

Dia menjelaskan Pertamina melaksanakan program Desa Energi Berdikari di Desa Keliki sebagai salah satu wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang pelaksanaannya sejalan dengan penerapan Lingkungan, Sosial dan Pemerintahan (ESG) dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan semangat Energizing Community.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga berkomitmen dorong pengurangan emisi karbon

Pertamina, kata dia, berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Dengan semakin banyak kunjungan masyarakat, lembaga, instansi hingga organisasi dunia ke Desa Keliki ini tentunya akan membuat TJSL Pertamina semakin dikenal di mata dunia,” imbuhnya.

Sebagai wujud kepedulian pada pentingnya transformasi energi dan pengurangan emisi gas karbon di dunia, Puteri Indonesia Bali 2024 bersama Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus mengunjungi Desa Energi Berdikari Keliki.

Bertempat di area subak Desa Wisata Keliki, Puteri Indonesia Bali 2024 Ketut Permata Juliastrid Sari hadir bersama Runner up dua Puteri Indonesia Bali 2024 Zasa Zefanya dan Puteri Indonesia Bali Persahabatan 2024 Ni Kadek Dea Ananda yang disambut hangat oleh perangkat Desa Keliki Gianyar.

Selain bentuk pembelajaran akan energi baru dan terbarukan, kehadiran Puteri Indonesia Bali 2024 merupakan salah satu kegiatan untuk promosi wisata yang ada di Desa Wisata Keliki yang memang dikenal dengan wisata alamnya khususnya sektor pertanian.

Baca juga: Pemkab Tabanan promosikan wisata Gunung Salak dengan "ngantor" di desa

Di bawah arahan Lenny Hartono selaku pemegang lisensi Puteri Indonesia Bali, kegiatan Puteri Indonesia Bali 2024 harus memiliki dampak positif kepada seluruh masyarakat Bali dari berbagai sektor termasuk sektor pariwisata.

Desa Wisata Keliki dinilai cocok untuk dikembangkan menjadi desa wisata yang wajib dikunjungi ketika ke Ubud, Tegalalang, dan sekitarnya dengan dibina dan dibimbing oleh Pertamina Terintegrasi Terminal Manggis.

Desa Energi Berdikari Keliki memberikan dampak positif kepada lingkungan dan masyarakat, melalui kerja sama dengan Pertamina mampu membuat Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS3R) yang secara langsung menyadarkan masyarakat untuk peduli lingkungan dengan memilah sampah langsung dari rumah dengan tujuan Desa wisata ramah lingkungan yang mandiri secara energi.

Sementara itu, Community Development Officer Pertamina Integrated Terminal Manggis Prajna Paramita mengatakan Desa Energi Berdikari Keliki sudah berlangsung selama dua tahun dengan fokus pada tahun pertama adalah pengadaan solar panel dan pada tahun kedua difokuskan ke empat program yaitu program Pertamina Sehat, Pertamina Cerdas, Pertamina Berdikari dan Pertamina Hijau.

“Pertamina Sehat di Posyandu merupakan program pendampingan konseling terhadap ibu-ibu hamil, pengecekan dan penimbangan bayi, serta pengadaan mainan untuk merangsang motorik anak-anak. Selain itu, ada juga edukasi terkait kesadaran diri tentang lingkungan dan bagaimana pentingnya memilah sampah dari rumah,” imbuh Prajna Paramita.

Baca juga: Pertamina salurkan Rp141 miliar untuk 5.116 UMKM binaan pada 2023

Untuk program Pertamina Cerdas, kata dia, lebih menyasar ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), taman kanak-kanak sampai sekolah dasar.

Pada program itu, anak-anak diajarkan memilah sampah dari rumah untuk dibawa ke sekolah, dan yang paling bagus serta rajin memilah sampah akan mendapatkan hadiah.

Kemudian untuk Pertamina Hijau merupakan program pembentukan pertanian organik dengan sistem yang menyinergikan TPS3R dengan subak agar menghasilkan padi organik.

Untuk program Pertamina Berdikari salah satunya adalah pendampingan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan penataan area TPS3R.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024