Itu di sana ada yang begini (acungkan jari nomor paslon lain), ya tidak apa-apa yang pilihannya tidak nomor 3, tapi datangnya ke sini juga. Ya kan?
Banyuwangi (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengaku tak mempersoalkan kehadiran pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya ke 'Hajatan Rakyat' di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis.

"Itu di sana ada yang begini (acungkan jari nomor paslon lain), ya tidak apa-apa yang pilihannya tidak nomor 3, tapi datangnya ke sini juga. Ya kan?" ujar Puan.

Menurutnya, Hajatan Rakyat yang diadakan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md selalu paling asyik. Ia meminta kepada pendukung Ganjar-Mahfud agar tetap memperlakukan pendukung pasangan calon lain dengan baik.

Dia pun mengingatkan jangan takut untuk diintimidasi. Puan menilai bila ada yang memberikan bantuan sosial (bansos) agar diterima saja.

“Bansos itu adalah hak dari seluruh rakyat uang-nya juga dari rakyat dan untuk rakyat. Jadi tidak boleh diklaim milik salah satu calon, tapi milik seluruh rakyat Indonesia. Setuju?” kata Puan yang kemudian disambut kata setuju.

Baca juga: Para pendukung hadiri Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Banyuwangi

Baca juga: Ganjar-Mahfud siap memerahkan Bumi Blambangan


Dalam kesempatan itu, Puan mengucapkan terima kasih kepada para civitas academica yang menyuarakan tentang kondisi politik hari ini.

“Kita harus mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara kita, civitas academica, rektor-rektor, dosen-dosen, mahasiswa seluruh Indonesia yang hatinya terbuka, matanya terbuka untuk bersama-sama kita menegakkan pesta demokrasi ini dengan jujur, adil, dan netral,” ucap Puan.

Selain itu, dirinya berpesan agar semua pihak netral dalam ajang Pemilu ini. "Semua harus netral karena pesta demokrasi adalah pesta rakyat. Harus dimenangkan oleh rakyat bukan kekuasaan," tegasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024