Anggaran di sektor pariwisata yang setiap tahun disahkan melalui APBD itu ini senilai Rp15 miliar...
Ternate (ANTARA) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, menyiapkan Rp15 miliar untuk mengembangkan sektor pariwisata guna menarik minat kunjungan ke kota penghasil rempah ini, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat setempat.

"Anggaran di sektor pariwisata yang setiap tahun disahkan melalui APBD itu ini senilai Rp15 miliar, sehingga anggaran tersebut harus dimanfaatkan secara baik, karena nilainya sangat terbatas," kata Sekretaris Kota Ternate, Rizal Marsaoly di Ternate, Kamis.

Dia mengatakan, fasilitas di kawasan objek wisata Danau Tolire memang beberapa tahun ini menjadi fokus bagi Pemkot setempat, karena kawasan itu salah satu lokasi destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Dirinya mencontohkan, untuk destinasi wisata seperti Danau Tolire pada tiga tahun terakhir ini memang sudah ada penataan, karena objek wisata yang berada di kaki Gunung Api Gamalama itu, masuk dalam salah satu dari 41 side yang terkait dengan pengembang geopark di daerah ini.

"Salah satu yang bakal dikembangkan dari Pemkot Ternate adalah pembenahan fasilitas di kawasan objek wisata Danau Tolire Memang, salah satu yang bakal dikembangkan dari Pemkot Ternate adalah pembenahan fasilitas di kawasan objek wisata Danau Tolire," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan alasan itu lah Pemkot Ternate sangat menyadari, sehingga perlu dilakukan pengembangan destinasi yang berada di wilayah Kecamatan Ternate Barat itu, agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

"Kita juga berharap bagi masyarakat yang melakukan aktivitas di kawasan itu, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata alam itu," ujarnya.

Dia menyebut, penataan objek wisata di Kota Ternate akan dilakukan secara bertahap, karena mengingat anggaran yang dimiliki Pemkot setempat juga sangat terbatas.

Baca juga: Pemkot Ternate laksanakan ritual "turun pasir" di objek wisata Sulamadaha
Baca juga: BAKTI gandeng Atourin dukung digitalisasi 15 kampung wisata di Ternate

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024