Banyuwangi (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menghormati hasil survei Poltracking Indonesia yang menyebut elektabilitas pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur.

Ganjar usai acara "Hajatan Rakyat Banyuwangi" di Lapangan RTH Maron, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, mengatakan ada kondisi konseptual berdasarkan apa yang dilakukan polster (lembaga survei).

"Masing-masing polster pasti hasilnya berbeda-beda. Saya sangat menghormati karena adanya kondisi konseptual, hasil pengambilan data dari survei. Tetapi, ada realitas sosiologis," ujar Ganjar.

Baca juga: Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim capai 60,1 persen

Menurut Ganjar, dari situasi ramainya para pendukung yang hadir di acara hajatan dan tetap bertahan meski diguyur hujan deras, menunjukkan realitas sosiologis yang berbeda dari hasil survei.

"Yang saya dapat rasa-rasanya kita seperti ini terus kondisinya maka kami haqul yakin apa yang menjadi sorotan mata rakyat, apa yang menjadi suara rakyat, apa yang menjadi optik dari kumpulnya rakyat. Insyaallah itu sesuatu yang riil," kata Ganjar.

Baca juga: Megawati ajak masyarakat jaga suara Ganjar-Mahfud di TPS

Survei terbaru Poltracking Indonesia menunjukkan bahwa elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur mencapai angka 60,1 persen.

Sementara pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 17,2 persen, sedangkan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 14,9 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar ingatkan warga Klaten untuk gunakan hak pilih
Baca juga: PPP yakin Ganjar-Mahfud masuk dalam Pilpres putaran kedua

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024