Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuwait City melaksanakan pemungutan suara awal Pemilu 2024 dengan metode kotak suara keliling (KSK) di empat titik di Kuwait pada Rabu (7/2) waktu setempat.

“Alhamdulillah, tengah malam ini, Kamis dini hari, pelaksanaan pemilu dengan metode KSK sudah selesai dan berjalan dengan lancar, tertib, dan aman,” kata Ketua PPLN Kuwait City Wahyono Sutrisno, dalam pernyataan tertulis yang diterima, Kamis.

Sebanyak 44 pemilih melaksanakan hak pilihnya dengan fasilitas KSK di empat titik di negara Kuwait, yaitu Kuwait City, Mangaf-Ahmadi, Salmiya, dan Jahra. Proses pemungutan suara dilakukan secara jemput bola mulai pukul 15.00 hingga 24.00 waktu setempat.

Tiga petugas KPPSLN yang bertugas membantu pemilih diawasi oleh pengawas pemilu dan beberapa utusan peserta pemilu yang memberi mandat kepada PPLN Kuwait.
Baca juga: PPLN Tunis sebar video ajak pemilih laksanakan pemilu damai

Fasilitas pemungutan suara dengan metode KSK disediakan untuk WNI yang tidak bisa hadir ke TPS karena alasan pekerjaan, termasuk tidak mendapat izin dari perusahaan tempat bekerja, katanya.

Wahyono menjelaskan bahwa pemungutan suara untuk Pemilu 2024 di Kuwait dilaksanakan melalui mekanisme KSK serta TPS luar negeri. Mekanisme pos untuk pemungutan suara tidak diterapkan di negara tersebut, katanya menambahkan.

Ia juga menyebut pendataan pemilih telah dilakukan sejak tahun lalu oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) yang turut mencatatkan metode pemungutan suara yang dikehendaki calon pemilih di Kuwait.

Seusai pemungutan suara awal ini, PPLN Kuwait City membuka TPS di KBRI Kuwait City pada Jumat (9/2) waktu setempat. Sebanyak 3.630 pemilih yang terdiri dari 1.189 pemilih laki-laki dan 2.441 perempuan akan melaksanakan hak pilihnya di TPS tersebut.

Baca juga: PPLN Nairobi gunakan tiga metode untuk WNI di empat negara Afrika

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024