Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PG PBI) melaporkan atlet golf junior mencetak tiga rekor saat tampil dalam Kejuaraan Nasional Golf Junior Indonesia 2024 di Jababeka Golf & Country pada 4-7 Februari.

"Pertama, ada Jordan Indra Marcello yang memecahkan rekor skor satu hari 8 under dari rekor lama 6 under yang dicetak pemain pro," kata Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) yang juga Ketua Pelaksana Kejurnas Golf Junior 2024, Adi Saksono, kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Rekor kedua dalam kejurnas junior, kata dia, adalah tidak ada teguran dari lapangan dan komite terhadap para atlet terkait perbaikan divot, pitch mark, dan take bunker.

Kondisi ini berbeda dengan kejuaraan amatir sebelumnya di mana 7 atlet ditegur karena tidak memperbaiki beberapa hal tersebut.

Adi menyebutkan, rekor ketiga dicatatkan atlet golf Rayi Geulis yang meraih albatros berupa dua pukulan masuk di par 5 hole 1 pada hari ketiga kejuaraan.

Baca juga: Jordan Indra kembali sabet juara kejurnas golf junior dan cetak rekor

Rekor-rekor yang tercipta, kata dia, menunjukkan bibit unggulan atlet golf semakin berkembang pesat sehingga pada depan mengharumkan nama golf Indonesia di berbagai ajang.

Ia mengatakan, rekor-rekor ini tidak terlepas dari dukungan PB PGI yang merancang kejuaraan secara baik yang membuat atlet bisa menunjukkan kemampuan secara optimal.

Adi menambahkan, PB PGI juga memanfaatkan kejuaraan tersebut sebagai momentum untuk menyeleksi bibit-bibit atlet golf unggulan untuk masuk tim nasional.

"Prestasi atau poin yang dicetak para atlet akan menjadi acuan untuk menentukan layak atau tidak mereka masuk dalam tim nasional. Jadi semuanya berdasarkan data statistik tidak atas dasar pilih kasih dan sebagainya," katanya.

Kejuaraan Nasional Golf Junior Indonesia 2024 diikuti 91 atlet golf yang diseleksi dari 133 pendaftar 16 provinsi.

Baca juga: 91 atlet ikuti Kejurnas Golf Junior 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024