Dengan begitu di Jawa Timur, Jawa Tengah sudah unggul, Jawa Barat unggul banyak, Jawa Timur tebal sekali.
Kota Bandung (ANTARA) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan optimistis pasangan Prabowo-Gibran dapat menang satu putaran pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Zulhas menyatakan rasa optimistis tersebut muncul berdasarkan sejumlah lembaga survei yang kerap merilis pasangan calon nomor urut 2 itu unggul kuat di Pulau Jawa.

"Insyaallah, Jabar sudah 55 persen, insyallah akan di atas 60 persen. Dengan begitu di Jawa Timur, Jawa Tengah sudah unggul, Jawa Barat unggul banyak, Jawa Timur tebal sekali," kata Zulhas saat menghadiri kampanye akbar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jabar, Kamis.

Ia berharap pada momen puasa dan Lebaran, pason nomor urut 2 itu akan meneruskan kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kami meyakini, insyallah, satu kali putaran agar nanti kami bisa melaksanakan puasa dan Lebaran bareng-bareng sudah punya calon presiden terpilih, kira-kira itu mohon doa dan dukungannya," kata Zulhas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan pasangan Prabowo-Gibran sudah memperoleh elektabilitas 55 persen di Jabar berdasarkan hasil survei internal.

Ridwan Kamil optimistis perolehan suara Prabowo-Gibran dapat meningkat menjadi 60 persen menjelang hari pencoblosan apabila kondisi ini terus terjaga.

"Kami sudah di 55 persen di sisa waktu 7 hari lagi. Insyallah, target 60 persen atau lebih terkejar. Kalau itu terjadi, secara nasional akan menjadi satu putaran atau sekali putaran," kata Ridwan Kamil.

Meski selalu bertengger di urutan pertama oleh sejumlah lembaga survei, pihaknya tidak lantas mengendurkan kerja-kerja politik di lapangan.

"Kami tidak boleh lengah walaupun surveinya bagus dan hari ini pembuktian massa penuh, di jalan banyak, dan masih beriringan menunjukkan kecintaan pasangan warga Jabar kepada pasangan Prabowo-Gibran," katanya.

Baca juga: Survei Veracity: Prabowo dianggap paling mampu ciptakan lapangan kerja
Baca juga: Prabowo berjanji bawa Indonesia lebih sejahtera 


Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024