“Kami akan menjadikan persoalan tata niaga pangan sebagai prioritas utama masa 100 hari kerja kita,"
Jakarta (ANTARA) - Masa kampanye untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendekati akhir, mengingat KPU menetapkan hari terakhir kampanye pada 10 Februari 2024.

Dalam waktu yang tersisa 2x24 jam, tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden kompak memusatkan perhatian mereka untuk mendapatkan simpati sebanyak-banyaknya dari masyarakat Pulau Jawa.

Alasannya, komposisi pemilih terbanyak ada di Pulau Jawa. Dari total 204,8 juta pemilih di Pemilu 2024, 115,37 juta diantaranya menetap di Pulau Jawa.

Dari total enam provinsi di Pulau Jawa, Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi dua kantong suara terbesar dibandingkan dengan Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan D. I. Yogyakarta. Total pemilih di Jawa Barat mencapai 35,7 juta orang, Jawa Timur 31,4 juta orang, 28,2 juta orang di Jawa Tengah, 8,84 juta pemilih di Banten, 8,25 juta pemilih di Jakarta, dan 2,87 juta pemilih di Yogyakarta.

Alhasil, tak heran jika pada kampanye hari ke-73, pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01 dan 02, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto menggelar kampanye akbarnya di Jawa Barat.

Kubu 01

Calon Presiden Nomor Urut 01 Anies Baswedan menemui masyarakat di Cianjur, Jawa Barat, dan berjanji akan membereskan tata niaga pangan mengingat daerah itu merupakan salah satu lumbung beras di Pulau Jawa.

“Kami akan menjadikan persoalan tata niaga pangan sebagai prioritas utama masa 100 hari kerja kita," kata Anies di hadapan warga Cianjur.

Sementara itu, Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Muhaimin Iskandar menerima dukungan dari 140 pesantren dalam acara Konsolidasi Habaib, Ulama dan Majelis Taklim se-Bandung Raya untuk Anies-Muhaimin (AMIN) di Yayasan Assalam, Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Muhaimin mengatakan dukungan dari 140 pondok pesantren itu merupakan kejutan, karena tanpa diminta pun para pendukungnya berinisiatif bergerak di lapangan untuk memperluas dukungan terhadap AMIN.

"Insyaallah semakin memperkuat pemenangan AMIN di Jawa Barat, tentu saja saya mengucapkan terima kasih," kata dia.

Kubu 02

Dari pasangan calon nomor urut 02, Capres Prabowo Subianto juga berkampanye di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Kamis.

Dalam acara kampanye akbar itu, Prabowo bersumpah mengabdikan dirinya sampai titik darah penghabisan demi kepentingan dan kesejahteraan bangsa dan rakyat Indonesia.

“Saudara-saudara sekalian, saya dari usia muda 18 tahun, saya telah bersumpah siap mati untuk bangsa dan rakyat Indonesia,” kata Prabowo saat berkampanye di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Cawapres Nomor Urut 02 Gibran Rakabuming Raka menghadiri Istighosah dan peringatan Maulid Nahi di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis. Di hadapan para ulama, pengurus pesantren, dan santri, Gibran meminta mereka ikut mengawal tindak lanjut program Dana Abadi Kampanye, yang merupakan program prioritas pasangan Prabowo-Gibran.

“Saya mohon Bapak, Ibu semua untuk bisa membantu mengawal program-program kami. Program Dana Abadi Pesantren mohon bisa dikawal, agar pondok-pondok, para santri dan santriwati, agar bisa lebih memenuhi tantangan jaman," kata Gibran saat menghadiri Istighosah dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah, Kamis.

Dari Surakarta, Gibran melanjutkan perjalanan ke Bandung, Jawa Barat. Di Bandung, Gibran menerima aspirasi dari kelompok aktivis Cipayung Plus di Bioskop Majestic.

Kubu 03

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 03 memilih berkampanye di Jawa Timur. Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md. berkampanye bersama-sama dalam acara Hajatan Rakyat Banyuwangi di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis.

Di tempat itu, Ganjar dan Mahfud berkomitmen menyejahterakan rakyat. “Ketika kami bertemu dengan para pelaku UMKM, jeritan mereka mirip dengan seperti yang tadi disampaikan. UMKM butuh peningkatan kapasitas, mereka butuh dilatih, mereka butuh akses permodalan dan mereka butuh pendampingan," kata Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 03.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024