Yang terpenting juga ialah konfirmasi jika mendapatkan informasi yang perlu dikonfirmasi kepada narasumber, sehingga dalam mempublikasikan informasi tidak bias
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura Papua menyebutkan keberadaan dan peran pers sangat strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas dalam berbagai aspek.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura Jumat mengatakan, keberadaan pers menjadi fungsi kontrol terhadap kebijakan ataupun program pemerintah, lembaga, dan juga sebagai pengawasan fungsi lembaga sosial serta kemasyarakatan.

"Selain itu keberadaan pers juga mampu untuk terus memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa khususnya pada bidang pemberitaan yang positif kepada masyarakat, tetapi juga kritisi baik secara lisan maupun tulisan kepada pemerintah," katanya.

Menurut Pekey, yang terpenting ialah pers selalu menjaga keseimbangan dalam pemberian informasi kepada masyarakat, dan juga terus bersikap independen.

"Kemudian pers juga dapat memberikan pesan untuk mengajak kepada masyarakat atau publik demi kepentingan mereka dan negara," katanya.

Dia juga menjelaskan, pers di Papua khususnya Kota Jayapura telah melaksanakan tugas jurnalistik dengan baik, sehingga program pembangunan di daerah itu dapat diketahui oleh masyarakat.

"Selanjutnya menjadi mitra pemerintah dalam mengawal setiap pembangunan di negeri berjuluk 'Port Numbay' tersebut," katanya lagi.

Dia menambahkan, melalui Hari Pers Nasional (HPN) 2024 pihaknya berpesan supaya jurnalis di Kota Jayapura terus memberikan informasi (Pemberitaan) kepada seluruh masyarakat dengan benar, dan menggunakan bahasa yang santun.

"Yang terpenting juga ialah konfirmasi jika mendapatkan informasi yang perlu dikonfirmasi kepada narasumber, sehingga dalam mempublikasikan informasi tidak bias," katanya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024