Sidoarjo (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengajak warga di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, untuk bersama sama mencegah kecurangan pemilihan umum (pemilu) 2024 dengan melakukan patroli di desa-desa.

Muhaimin yang tiba di Candi Pari, Sidoarjo, Jawa Timur tersebut, Jumat, diiringi musik patroli yang biasa digunakan untuk menjaga malam di desa-desa menggunakan kentongan dari bambu.

"Kentungan ini sebagai simbol bahwa kita siap mengamankan suara Anies-Muhaimin (AMIN) dan mencegah kecurangan pemilu 2024," kata Muhaimin.

Baca juga: Muhaimin sebut delapan program kongkret AMIN untuk kebudayaan

Ia mengatakan kecurangan pemilu itu dimulai ketika ada peserta yang secara terang-terangan mengakali etika konstitusi. Kecurangan itu dimulai sejak adanya pelanggaran etika.

"Oleh karena itu, kita harus waspada dan menjaga pemilu yang jujur, adil, bebas dan rahasia. Mari kita lanjutkan patroli ini, Insya Allah pasangan AMIN menang," ujar Muhaimin yang didampingi Ketua DPC PKB Sidoarjo Subandi.

Di hadapan para kader PKB dan simpatisan AMIN, Gus Muhaimin menyampaikan perubahan itu untuk keadilan dan kesejahteraan semua masyarakat bukan untuk segelintir orang.

"Perubahan untuk seluruh rakyat yang bisa dinikmati secara adil dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Muhaimin: AMIN siapkan program dana abadi guru

Ketua DPC PKB Sidoarjo Subandi menegaskan pihaknya akan menggerakkan seluruh elemen partai dan relawan AMIN untuk memenangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

"Semua elemen akan kita gerakkan, mudah-mudahan target yang diberikan DPP PKB kepada kita terpenuhi untuk kemenangan AMIN di Sidoarjo," katanya.

Baca juga: Muhaimin apresiasi dukungan 140 ponpes di Jawa Barat untuk AMIN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024