Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mengatakan siap tampil maksimal di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (Badminton Asia Team Championship/BATC) 2024 yang bergulir di Malaysia, 13-20 Februari.

“Persiapan sejauh ini sudah cukup bagus. Yang penting penampilan bisa maksimal di pertandingan mendatang,” kata Bagas saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat.

Pada BATC 2024, Bagas/Fikri akan turun sebagai ganda putra pertama untuk skuad bulu tangkis putra Indonesia. Keduanya mengaku bersemangat untuk menampilkan performa terbaik dan memberikan poin untuk tim.

“Sekarang posisi kami di ganda pertama, ya, harus siap. Lawan-lawannya juga sebenarnya sama saja seperti di pertandingan (turnamen). Jadi, kami ingin mencoba terus. Bisa diambil sisi positifnya karena lawannya juga bagus-bagus apalagi kalau bisa dapat poin buat tim, biar tim lebih semangat lagi juga,” jelas Fikri.

Indonesia masuk dalam Grup D pada fase grup BATC 2024 bersama Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Bagas/Fikri sepakat bahwa Korea Selatan menjadi tim yang paling diwaspadai di fase grup.

“Korea juga main full team (tim utama), kalau tidak salah. Saya lihat, Seo (Seung Jae) juga main,” kata Fikri.

Mengenai peluang, ganda putra peringkat sembilan dunia itu mengatakan cukup optimistis dengan skuad Indonesia untuk kembali merebut gelar juara.

“Peluangnya ada, apalagi ini (tim Indonesia) mainnya juga bagus-bagus. Yang penting, percaya diri dulu,” kata Bagas.

“Dua tahun lalu, kita bisa final dengan tim pelapis (seperti tahun ini), maksudnya, bukan yang senior banget, gitu. Itu masih bisa final. Semoga tahun ini juga minimal bisa sama, harapannya begitu,” ujar Fikri menambahkan.

Baca juga: Rinov pastikan akan ikuti enam turnamen pengumpulan poin Olimpiade

Sementara itu, Bagas/Fikri juga masih berupaya untuk mengumpulkan lebih banyak poin menuju kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, melalui setidaknya enam turnamen yang tersisa hingga 28 April.

Juara All England Open 2022 itu sepakat bahwa mereka ingin meningkatkan fokus lebih baik lagi agar bisa semakin konsisten di setiap pertandingan.

“Dari kami pribadi, yang dievaluasi masih di konsistensi dan fokus di lapangannya lebih ditahan lagi. Dari negara lain juga latihannya lebih keras, jadi kami sekarang misalkan ketinggalan, harus bisa mengejar lagi,” kata Fikri.

“Kalau untuk target (di enam turnamen terakhir), kami ingin masuk semifinal atau final. Tapi, yang penting kita mainnya bagus dulu di setiap pertandingannya,” ujar Bagas menambahkan.

Baca juga: Skuad Indonesia siap bersaing di Badminton Asia Team Championship 2024
Baca juga: Dejan/Gloria maksimalkan peluang demi rebut tempat di Olimpiade Paris


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024