Koba, Babel, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprioritaskan pendistribusian logistik Pemilihan Umum 2024 ke wilayah pulau terluar

"Pendistribusian logistik kita prioritaskan untuk Dusun Pulau Nangka untuk menghindari kemungkinan terjadinya kendala transportasi laut," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bangka Tengah Sabri Aryanto dalam kegiatan coffee morning bersama wartawan di Koba, Jumat.

KPU Bangka Tengah melibatkan PT Pos Indonesia dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2024 di Pulau Nangka dan juga dikawal sejumlah aparat keamanan serta petugas Bawaslu.

Baca juga: KPU Bangka Tengah kampanyekan 'hari kasih suara'

Selain Pulau Nangka, KPU Bangka Tengah juga memprioritaskan pendistribusian logistik ke dua TPS di Dusun Pangkalraya, Desa Tanjungpura, yang merupakan lokasi paling ujung daerah setempat.

Pulau Nangka dan Pangkalraya memiliki medan tempuh yang sedikit sulit sehingga pendistribusian logistik diprioritaskan satu hari sebelum hari pemungutan suara.

"Kita sudah membagi sebanyak 26 rute pendistribusian logistik dan dituntaskan satu hari sebelum pencoblosan. Pulau Nangka dan Pangkalraya menggunakan rute pertama atau diberangkatkan lebih awal," katanya.

Baca juga: KPU Bangka Tengah terima logistik surat suara kurang

Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Bangka Tengah Endah Lestari menambahkan di Pangkalraya terdapat dua TPS, yaitu TPS 22 dengan jumlah pemilih 224 orang dan TPS 23 dengan pemilih sebanyak 215 orang.

Sedangkan di Dusun Pulau Nangka terdapat satu TPS, yaitu TPS 4 dengan 195 orang pemilih.

"Pada 13 Februari 2024 akan dilakukan pelepasan logistik pemilu secara serentak di Gedung Serba Guna Pemkab Bangka Tengah, kemudian pendistribusian lebih awal kita lakukan di Kecamatan Sungaiselan," ujarnya.

Ia mengatakan pendistribusian lebih awal di Kecamatan Sungaiselan karena terdapat tiga TPS yang medan tempuhnya lebih sulit, yaitu Dusun Pulau Nangka dan Pakalraya.

"Nanti teknis pendistribusiannya kita mulai ke TPS 22 dan TPS 23 Dusun Pangkalraya, baru kemudian dilanjutkan ke TPS 4 Dusun Pulau Nangka. Logistik pemilu di Pulau Nangka untuk sementara disimpan dengan meminjam ruang kelas," ujarnya.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.
KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024