Selamat Hari Pers Nasional. Pers sedang mendapatkan ujian yang tidak ringan, apalagi jika memberitakan info-info dan isu-isu politik
Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024 kepada seluruh awak media di Indonesia.

Ganjar berharap dalam peringatan HPN tahun ini, maka seluruh masyarakat dapat memahami adanya kebebasan pers, termasuk bagi para jurnalis.

"Mudah-mudahan dalam Hari Pers Nasional semua menjadi paham ada kebebasan pers dan ada kebebasan para jurnalis untuk menyampaikan," kata Ganjar di hadapan awak media usai berkampanye di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Walaupun demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut mengatakan bahwa saat ini pers sedang mendapatkan ujian yang tidak mudah.

"Selamat Hari Pers Nasional. Pers sedang mendapatkan ujian yang tidak ringan, apalagi jika memberitakan info-info dan isu-isu politik," ujarnya.

Baca juga: Ganjar terharu dan merinding berkampanye akbar di Kabupaten Bogor

Baca juga: Walhi berpesan Ganjar kelola SDA demi kesejahteraan rakyat

Baca juga: Ratusan ribu pendukung Ganjar-Mahfud hadiri Hajatan Rakyat Banyuwangi


Oleh sebab itu, dirinya menyarankan kepada seluruh masyarakat apabila keberatan dengan informasi yang diberitakan oleh pers, maka dapat memberikan sanggahan.

"Maka kalaulah ada yang tidak sama, tidak sesuai, tempatnya adalah memberikan sanggahan, memberikan pernyataan, tetapi bukan menangkap dan menahan," tutur Ganjar.

Hari Pers Nasional diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Adapun pada tahun ini, Hari Pers Nasional mengangkat tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa".

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024