Sementara yang belum menentukan pilihan atau 'undecided voters' sebesar 5,2 persen
Surabaya (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan yang paling banyak dipilih warga Muhammadiyah pada Pilpres 2024 menurut survei PSPS Uhamka dan Puspolnas UM Surabaya.
 
"Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merupakan pasangan yang paling banyak didukung oleh warga Muhammadiyah yakni sebanyak 45,4 persen," kata Peneliti Utama Tim Riset Puspolnas UM Surabaya Arin Setiyowati di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.
 
Meski sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang paling banyak didukung oleh warga Muhammadiyah, Arin mengatakan persentase yang diperoleh pasangan ini tak mengalami perubahan signifikan hingga menjelang lima hari pencoblosan bila dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya.
 
Ia menambahkan tingginya dukungan warga Muhammadiyah terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran berkat kerja ekspansional dan agresivitas para relawan seperti Relawan Bergerak 1912 maupun Relawan Matahari Pagi, yang mendominasi lini media sosial maupun media massa.
 
Sedangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) memperoleh dukungan sebesar 33,8 persen dari warga Muhammadiyah.
 
"Persentase pasangan Amin ini mengalami kenaikan jika dibandingkan survei sebelumnya yang berkisar di angka 30-an persen atau di bawah 30-an persen," ucap Arin.
 
Paling buncit pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor 3 Ganjar Pranowo dan Mohammad Mahfud Md yang hanya memperoleh dukungan warga Muhammadiyah sebesar 15,6 persen.
 
"Sementara yang belum menentukan pilihan atau undecided voters sebesar 5,2 persen," lanjutnya.

Baca juga: Poltracking: Elektabilitas Prabowo di Jatim naik

Baca juga: LSI sebut Prabowo-Gibran unggul di Jatim

Baca juga: Ganjar hormati survei Poltracking sebut Prabowo unggul di Jatim
 
Arin menjelaskan dalam survei tersebut ada sebanyak 1.220 responden berusia 17 tahun hingga di atas 40 tahun yang tersebar secara proporsional di 35 Pengurus Wilayah Muhammadiyah atau provinsi se-Indonesia memberikan jawaban berbeda dalam wawancara yang dilakukan secara on call memakai pola kuisioner oleh tim riset.
 
"Kerangka sample atau sampling frame berasal dari masing-masing PDM yang terpilih seluruh PWM di Indonesia," ujarnya.

Survei dilakukan dari tanggal 26 Januari hingga 4 Februari 2024. Teknik pengambilan sampel memakai multistage random sampling dengan margin tingkat toleransi 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 90 persen.
 
"Untuk jenis kelamin responden didominasi oleh wanita 52,4 persen dan laki-laki 47,6 persen," tuturnya.
 
KPU telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut tiga.
 
Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024