Jakarta (ANTARA) - Legenda bulu tangkis Indonesia Candra Wijaya menyoroti pentingnya penguatan faktor nonteknis, yang salah satunya meliputi kepercayaan diri dan mental juara para atlet, agar bisa konsisten mendapatkan hasil terbaik sebagai bekal menuju Olimpiade 2024 Paris.

“Yang terpenting bagi kami adalah mempersiapkan mereka sebaik mungkin, karena segala hal termasuk faktor nonteknis juga diperlukan, terutama untuk anak-anak (atlet) harus siap di lapangan, dari fisik, mental, dan tekniknya juga perlu diasah,” kata Candra saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat.

Pria yang juga merupakan mentor ganda putra di tim Ad Hoc PBSI untuk Olimpiade 2024 Paris itu menambahkan, memang tidak mudah untuk mempersiapkan diri dengan matang di waktu yang terbilang tak lama lagi menjelang Olimpiade, akhir Juli nanti.

Baca juga: PBSI bentuk Tim Ad Hoc untuk fokus perbaiki peringkat menuju Paris

“Kita tahu Olimpiade ini juga merupakan turnamen yang terbesar, terakbar, dan tertinggi. Saya sempat mengatakan ke teman-teman (atlet), kalau (turnamen lain) boleh lewat atau lain waktu, tapi tidak (untuk Olimpiade),” kata Candra.

“Kita juga (pernah) merasakan (bertanding di Olimpiade), tapi, jangan sampai itu (pengalaman yang dibagikan) mengganggu konsentrasi mereka juga,” ujarnya menambahkan.

Peraih medali emas Olimpiade 2000 Sydney itu pun berharap, para pebulu tangkis muda Indonesia yang tengah berburu poin kualifikasi menuju Paris dapat menjaga semangat mereka dan tidak mengendurkan kepercayaan diri agar bisa tampil dengan tenang, tapi juga fokus dan terarah.

Baca juga: Tontowi dan Candra Wijaya berbagi pengalaman jelang Olimpiade

“Turnamen saat ini memang banyak, target juga banyak. Rasanya kita mau menjuarai semua itu. Tapi, saya sampaikan bahwa fokus mereka saat ini adalah mempersiapkan diri yang terbaik, karena secara skill, teknik, mereka tidak kalah dan mampu bersaing dengan negara lain,” jelas Candra.

“Itu adalah bagian dari kami untuk mendukung sepenuhnya teman-teman, adik-adik (atlet) ini untuk bisa tampil percaya diri di Olimpiade nanti, itu yang paling penting,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Liliyana Natsir: Tidak ada kata mustahil untuk raih emas di Olimpiade
Baca juga: Lilik Sudarwati soroti penguasaan keterampilan mental buat atlet


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024