Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan petani tebu di Sulawesi Selatan meyakini pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dapat menyelesaikan masalah harga gula yang tidak stabil.

"Kita berharap kesulitan petani tebu meliputi masalah mendapatkan pupuk subsidi, kemudahan mendapatkan kredit bagi untuk budi daya tanam, kredit untuk menjaga harga pasca produksi, masalah pengairan, dan harga jual gula yang kerap tidak stabil bisa diselesaikan," kata Kepada pers, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia Sulawesi Selatan Sakirmin dalam keterangan pers yang diterima, Jumat.

Menurut Sakirmin, Prabowo memiliki kapasitas dalam menyelesaikan masalah tersebut lantaran pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Selain berlatar belakang HKTI, Prabowo juga dinilai kerap turun ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi para petani.

Dengan demikian, dia yakin Prabowo-Gibran akan mengeluarkan kebijakan pengendalian harga gula yang menguntungkan para petani.

Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024