Kami belajar banyak di sini (Pelabuhan Laem Chabang) karena ini adalah pelabuhan yang di desain dan dibangun dengan jumlah 14 juta TEUs (kontainer berukuran 20 kaki
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginginkan pengelolaan pelabuhan di Indonesia belajar dari pelabuhan negara lain agar menciptakan pelabuhan yang berkelas dunia dan dapat bersaing di dunia internasional.

Menhub dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, menyebut salah satu pelabuhan yang baik untuk dicontoh, yakni Pelabuhan Laem Chabang, Thailand.

"Kami belajar banyak di sini (Pelabuhan Laem Chabang) karena ini adalah pelabuhan yang di desain dan dibangun dengan jumlah 14 juta TEUs (kontainer berukuran 20 kaki)," kata Menhub saat mengunjungi dan berdiskusi dengan pimpinan Pelabuhan Laem Chabang, Thailand, Jumat (9/2).

Menhub mengatakan sebagai negara dengan lebih dari 17 ribu pulau, pelabuhan menjadi salah satu hal terpenting yang harus dikelola dengan baik di Indonesia. Pelabuhan, kata dia, tidak hanya untuk konektivitas masyarakat tetapi juga konektivitas logistik.

Menurut dia, Pelabuhan Laem Chabang merupakan contoh sukses bagaimana hal tersebut dapat dikelola dengan baik.

"Ini adalah sebuah pelabuhan yang dipindahkan dari Bangkok ke sini. Bangkok pasti membuat kemacetan, oleh karenanya semua ekspor impor semua di bawa ke Laem Chabang. Hari ini, kami berterima kasih dan kami mendapat contoh yang bagus bagaimana mengelola suatu terminal dan dengan banyak partner dari beberapa perusahaan," ujarnya.

Menurut Menhub, keberhasilan tersebut juga dapat diaplikasikan di Indonesia sehingga pelabuhan di Indonesia dapat bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan di ASEAN bahkan dunia.

Turut hadir dalam kunjungan Menhub, yakni Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi, Sesditjen Perhubungan Laut Lollan Panjaitan, Director General Pelabuhan Laem Chabang Rutthakorn, dan Managing Director Pelabuhan Laem Chabang Suwit Ratanachinda.

Baca juga: Menhub pastikan arus penumpang pelayaran di Tanjungpinang lancar

Baca juga: Sambut tol baru, Menhub tingkatkan kinerja Pelabuhan Kuala Tanjung

Baca juga: Menhub tekankan pentingnya seluruh aspek keselamatan penerbangan

Baca juga: Pemerintah terus dukung pembangunan infrastruktur transportasi

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024