Kabupaten Asmat (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan mengirimkan 168 personel untuk membantu mengawal pendistribusian logistik pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 ke sejumlah distrik atau kecamatan di daerah tersebut.

"Untuk pengamanan tempat pemungutan suara (tps), kita melibatkan 168 personel yang akan bertugas mengamankan 352 titik di Kabupaten Asmat," kata Kapolres Kabupaten Asmat AKBP Agus Hariadi di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Sabtu.

AKBP Agus menyebutkan 352 tps itu tersebar di 224 kampung (desa). Selain itu, Polres setempat juga menyiapkan personel cadangan guna mengantisipasi kemungkinan terburuk apabila terjadi insiden saat berlangsungnya pesta demokrasi.

Agus mengatakan khusus pendistribusian logistik ke distrik yang sulit dijangkau, polisi ikut terjun langsung mengawal pengiriman menggunakan perahu motor (speed boat).

Hingga H-5 pencoblosan pihaknya mengatakan belum menemukan masalah signifikan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polres setempat. Hanya saja, faktor cuaca menjadi tantangan tersendiri.

"Sekarang masalahnya lebih kepada cuaca yang berubah-ubah, gelombang tinggi hingga angin kencang," ujarnya.

Untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya konflik di masyarakat terkait dengan pemilu, AKBP Agus mengatakan telah melakukan sosialisasi secara masif.

Tujuannya agar penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut berjalan dengan baik tanpa adanya kericuhan atau pertikaian di kalangan akar rumput.

"Pilihan masyarakat boleh berbeda namun setelah pemilihan selesai kita bersatu lagi dan menjaga ketertiban dan keamanan Kabupaten Asmat yang kondusif," ajak dia.

Tambahan informasi untuk jumlah daftar pemilih tetap (dpt) Kabupaten Asmat ialah sebanyak 80.122 orang dengan 352 tps yang tersebar di 224 kampung.

KPU Provinsi Papua Selatan menetapkan dpt tingkat provinsi untuk pemilu serentak 2024 sebanyak 367.269 pemilih dengan 1.770 tps yang terdiri atas empat kabupaten.

Rinciannya Kabupaten Merauke memiliki 162.942 dpt, 774 tps yang tersebar di 22 distrik, Kabupaten Boven Digoel memiliki dpt 43.765 jiwa, 285 tps di 20 distrik. Selanjutnya Kabupaten Mappi 80.440 pemilih dengan jumlah tps 359 yang tersebar di 15 distrik, serta Kabupaten Asmat 80.122 pemilih dan 352 tps.

Baca juga: KPU Asmat mulai distribusikan logistik ke distrik terluar

Baca juga: KPU siapkan opsi distribusi logistik pemilu gunakan helikopter

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024