Bandung (ANTARA) - Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden kompak berkampanye di Pulau Jawa pada hari ke-74 kampanye Pemilu 2024.

Pasangan calon nomor 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan calon nomor 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memilih bertemu warga Jawa Timur, sementara pasangan calon nomor 03 memilih berkampanye di Jawa Barat tepatnya di Kota Bogor.

Pulau Jawa jelas menjadi prioritas tiga pasangan calon untuk berkampanye mengingat enam provinsi di dalamnya merupakan lumbung suara yang dapat memastikan kemenangan salah satu dari mereka saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Dari total 204,8 juta pemilih yang terdaftar di Pemilu 2024, 115,37 juta di antaranya menetap di Pulau Jawa. Dari enam provinsi yang ada di Jawa, Jawa Barat merupakan kantong suara terbesar dengan jumlah pemilih sebanyak 35,7 juta orang, diikuti oleh Jawa Timur 31,4 juta, Jawa Tengah 28,2 juta, 8,84 juta di Banten, 8,25 juta di DKI Jakarta, dan 2,87 juta di D. I. Yogyakarta.

Kubu 01

Calon Presiden Nomor Urut 01 Anies Baswedan bersama Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Muhaimin Iskandar menyambangi beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur pada hari ke-74 kampanye, Jumat, yaitu Tulungagung, Pasuruan, dan Surabaya.

Di Surabaya, Anies kembali menyerap aspirasi dan berdialog dengan masyarakat lewat acara “Desak Anies”.

Anies menyebut acara di DBL Arena Surabaya itu mencetak rekor baru bagi Desak Anies karena yang mendaftar sampai 13.500 orang. Alhasil, banyak warga yang tidak dapat masuk ke lokasi acara.

“Ada 13.500 pendaftar, dihentikan di angka itu. Di ruang ini ada 6.000 peserta, di bawah 3.000 peserta dan di luar lebih banyak lagi karena tidak bisa masuk," kata Anies.

Kubu 02

Dari pasangan calon presiden nomor urut 02, capres Prabowo Subianto berbagi tugas dengan cawapres Gibran pada hari ke-74 kampanye. Prabowo bersama beberapa ketua umum partai politik dan tokoh Jawa Timur berkampanye di Sidoarjo, Jawa Timur, sementara Gibran menemui masyarakat di Kota Bandung, tepatnya di Stadion Si Jalak Harupat.

“Kawal tps-nya sampai malam, jangan sampai ada kecurangan-kecurangan yang terjadi di tps. Jadi saya mohon bapak dan ibu semua untuk ikut mengawal suara-suara yang ada di tps,” kata Gibran saat berkampanye di Bandung.

Kubu 03

Dari pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. berkeliling ke beberapa lokasi di Bogor, yaitu Pusat Keuskupan Bogor kemudian kampanye akbar “Hajatan Rakyat” di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Di atas panggung acara, Ganjar menyebut dia sengaja berkampanye di Bogor, karena dibandingkan dengan kabupaten lainnya. “Pertimbangannya (Kabupaten) Bogor itu suaranya paling gede loh se-Indonesia," kata Ganjar.

Tim Pemenangan Daerah (TPN) Prabowo-Gibran menargetkan pasangan calon nomor urut 03 mendapatkan 40 persen di Jawa Barat. Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jawa Barat Ono Surono menyebut timnya telah memetakan daerah-daerah yang bakal menjadi kantong suara bagi pasangan calon 03.

“Target di Jawa Barat 40 persen yang kita sisir 27 kabupaten/kota dengan target yang berbeda-beda," kata Ono.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 03.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024