Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menetapkan Kota Singkawang sebagai pusat kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata 2024 yang berlangsung selama 22-24 Februari mendatang.

"Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata yang akan berlangsung pada 22-24 Februari 2024 nanti akan kita fokuskan di Kota Singkawang, dan sampai saat ini kita terus melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan agenda nasional tersebut," kata Penjabat Gubernur Kalbar Harisson di Pontianak, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Bahkan, ia akan membawa team of operator leader (TOoL) dari seluruh daerah di Indonesia.

Baca juga: Kemenparekraf ingatkan hati-hati promosi pariwisata pasca-bencana

Dia mengaku bersama Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kalbar sudah melakukan peninjauan ke Kota Singkawang untuk memastikan kesiapan daerah itu menyambut Rakornas Pariwisata 2024.

"Kita ingin memastikan semua lokasi yang akan dikunjungi oleh peserta Rakornas Pariwisata dalam kondisi siap dan nyaman," katanya.

Ia berharap, Rakornas Pariwisata dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata di Kalbar, khususnya Kota Singkawang.

"Kita ingin Rakornas Pariwisata ini dapat menjadi ajang promosi pariwisata Kalbar, khususnya Kota Singkawang, ke tingkat nasional," kata Harisson.

Selain mengikuti acara utama, katanya, para peserta yang merupakan kalangan dinas pariwisata se-Indonesia juga akan diajak dalam wisata kota, baik di Kota Pontianak maupun Singkawang. Rakornas ini akan membahas berbagai isu strategis terkait dengan pengembangan pariwisata di Indonesia, seperti pengembangan pariwisata halal, berkelanjutan, dan digital.

Di tempat yang sama, Kepala Disporapar Provinsi Kalbar Windy Prihastari berharap, rakornas ini menjadi momentum penting untuk mempromosikan produk-produk unggulan dari Kalbar secara lebih luas.

"Mari kita bersama-sama memanfaatkan momentum Rakornas Pariwisata ini untuk mempromosikan potensi wisata dan produk unggulan Kalbar," katanya.

Baca juga: Sandiaga Uno terus dorong pariwisata berkualitas
Baca juga: Kemenparekraf bakal bahas energi hijau hingga isu wisman di rakornas

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024