Pekalongan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 seperti kotak suara dan surat suara ke 4 kecamatan di daerah itu, Sabtu.

"Ada 4.450 kotak suara lengkap beserta surat suara dan bilik suara yang dikirim ke 4 kecamatan lokasi penyimpanan logistik panitia pemilihan kecamatan," kata Ketua KPU Kota Pekalongan Fajar Randi Yogananda di Pekalongan.

Pendistribusian logistik Pemilu 2024 secara simbolis ditandai dengan pelepasan burung merpati ke udara oleh Ketua KPU Kota Pekalongan.

Distribusi logistik pemilu yang dikirim ke masing-masing kantor kecamatan menggunakan armada truk ini dilaksanakan selama 2 hari dan dikawal ketat oleh sejumlah personel kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu untuk memastikan logistik pemilu aman dan masih tersegel.

Menurut dia, pendistribusian logistik pemilu dilaksanakan selama 2 hari yaitu Sabtu (10/2) dan Minggu (11/2) dengan menggunakan truk dan dikawal ketat oleh kepolisian.

"Hari ini, kami mulai didistribusikan logistik pemilu ke Kecamatan Pekalongan Barat 1.345 kotak suara dan Pekalongan Utara 1.160 kotak suara ditambah biliknya," ujarnya.

Adapun pertimbangan pendistribusian di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat sebagai tujuan awal karena jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak.

Baca juga: KPU Pekalongan musnahkan 10.900 surat suara rusak

Baca juga: Gelar simulasi, KPU Pekalongan siapkan 195 TPS panggung wilayah banjir


Ia mengatakan untuk pengiriman distribusi logistik pemilu ke Kecamatan Timur dan Kecamatan Pekalongan Selatan akan dikirim pada Minggu (11/2).

"Sebenarnya pendistribusian logistik pemilu bisa saja dilaksanakan sehari selesai di 4 kecamatan. Namun mengingat faktor cuaca tak menentu maka demi keamanan pengiriman dilakukan bertahap selama 2 hari," imbuhnya.

Ia berharap pada 11-13 Februari 2024, logistik Pemilu 2024 sudah terdistribusi dari mulai tingkat kecamatan, kelurahan dan tempat pemungutan suara.

"Setelah selesai didistribusikan, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani," harapnya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024