Kami percaya dan yakin, keduanya merupakan sosok pemimpin tepat, yang tidak menghianati bangsa Indonesia
Kediri (ANTARA) - Para pendekar pencak silat yang tergabung dalam Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) mendeklarasikan dukungan untuk calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-- Mahfud Md dalam Pilpres 2024.

Ketua Umum JPSN KH Ubaidillah Suwito mengemukakan para pendekar silat bersatu padu untuk memenangkan Ganjar-Mahfud. JPSN menilai bahwa Ganjar-Mahfud sosok yang tepat menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Keduanya memiliki rekam jejak yang bagus, berintegritas serta bisa menjadi teladan untuk perbaikan negeri.

"Kami bersepakat untuk mendukung kemenangan Ganjar-Mahfud sebagai presiden dan wakil presiden, keduanya merupakan sosok berintegritas yang mampu menjadi pemimpin Indonesia," katanya dalam rilis-nya diterima di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu.

Dalam deklarasi di Gedung Serbaguna Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, tersebut, dikatakan bahwa pasangan ini dinilai merupakan sosok pemimpin yang saling melengkapi. Keduanya memiliki rekam jejak, integritas dan komitmen untuk bangsa yang luar biasa.

Selain itu, sebagai pemimpin, keduanya juga memiliki visi yang kongkret, imajinasi untuk Indonesia masa depan, serta mampu memimpin Indonesia dengan segenap keragaman budaya.

"Kami percaya dan yakin, keduanya merupakan sosok pemimpin tepat, yang tidak menghianati bangsa Indonesia," ucap dia.

Dirinya juga menambahkan keputusan dukungan itu berdasarkan beberapa hal mendasar, yakni Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu mengkonsolidasi kekuatan bangsa, serta mengedepankan kepentingan nasional daripada kepentingan lain.

Selain itu, Indonesia juga membutuhkan sosok pemimpin tegas sekaligus mengayomi, sosok pemimpin yang bergerak cepat sekaligus terukur, pemimpin yang berani mengambil risiko sekaligus bertanggung jawab untuk rakyat.

"JPSN menilai Indonesia juga membutuhkan pemimpin yang adil dan mematuhi aturan, serta menjadikan demokrasi sebagai upaya untuk menghadirkan kesejahteraan wong cilik, bukan upaya mengakali aturan serta merendahkan etika bangsa," tutur dia.

Ia menambahkan, para jawara pencak silat merupakan sosok-sosok pilih tanding yang punya basis kuat di beberapa kawasan di Indonesia. Para pendekar pencak silat ini, yang menjadi tulang punggung di kawasan masing-masing, yang punya jejaring solid untuk terus mengawal mengamankan negeri, sehingga memutuskan mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud dalam Pemilu 2024.

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024