Jakarta (ANTARA) - Asisten Pelatih Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Tamsil Linrung optimistis pasangan Anies-Muhaimin lolos pada putaran kedua pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kampanye Mas Anies Baswedan di JIS hari ini menandakan tingginya animo masyarakat terhadap pasangan AMIN. Masyarakat menginginkan perubahan, kami makin yakin lolos putaran kedua dan menang Pilpres," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Hal itu disampaikan Tamsil usai kampanye akbar pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu.

Tamsil mengatakan kehadiran pendukung Anies Baswedan di JIS bukan mobilitas, melainkan keinginan sendiri dari masyarakat. Lanjut dia, Pipres 2024 mirip perjalanan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Awalnya Anies Baswedan tidak diunggulkan oleh hasil survei. Namun, berhasil lolos putaran kedua dan keluar sebagai pemenang.

Baca juga: Timnas sebut JIS dibuka sejak 06.30 WIB untuk Kumpul Akbar AMIN

Baca juga: Timnas perkirakan 5 juta orang hadir kampanye akbar AMIN di JIS


"Ada lembaga survei yang memprediksi satu putaran, tapi kalau kita lihat dia sebut orang yang respondennya itu minimalis. Padahal kalau kita kampanye ke daerah, massa yang hadir selalu ramai, seperti massa di JIC hari ini," katanya menegaskan.

Menurut dia, setiap kali Anies Baswedan atau Gus Muhaimin kampanye, pasti dagangan UMKM di sekitar lokasi kegiatan habis, karena Timnas AMIN tidak menyiapkan konsumsi.

"Tetapi warga tetap berbondong-bondong menyambut Anies, karena orientasinya bukan mencari makanan," ujarnya.

Kampanye AMIN di Stadion JIS yang berkapasitas 82 ribu orang itu dipenuhi oleh para pendukung pasangan dari berbagai daerah. Selain di area dalam, pendukung AMIN pun memadati area luar hingga menyebabkan lalu lintas terhambat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024