Denpasar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali mengumumkan tiga lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 yang rencananya dikunjungi 70 anggota delegasi parlemen dunia.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan di Denpasar, Sabtu, menyebut tiga titik tersebut yaitu TPS 13 Balai Banjar Teba di Jalan Ulun Suwi, Jimbaran, TPS 29 SD 5 Ungasan di Jalan Toya Ning II Banjar Bukungsari, kawasan Garuda Wisnu Kencana, dan TPS 09 Balai Banjar Penglipuran di Bangli.

“Saya belum tahu jumlah pastinya tapi sekitar 70 orang, agendanya mereka ingin belajar demokrasi kita, tanggal 13 Februari nanti diberikan pemahaman demokrasi Indonesia dan sorenya saya memberikan materi tentang bagaimana pemilu di Bali,” kata dia.

Diketahui program ini adalah kegiatan milik DPR RI bertajuk Parliament Visit Program, dimana Bali dengan segala keunikannya ditunjuk sebagai tuan rumah yang siap menyambut sejumlah perwakilan dari 30 negara dunia.

Lidartawan menjelaskan tiga TPS yang dipilih bukan tempat pemungutan biasa, disana para delegasi parlemen dunia dapat melihat hal-hal baru seperti TPS 13 Balai Banjar Teba dengan seluruh penyelenggara di dalamnya adalah perempuan.

Selanjutnya TPS 09 Penglipuran akan memperlihatkan dunia bagaimana proses pemilu berlangsung di sebuah desa di Kabupaten Bangli, dan TPS 29 menunjukkan proses di sebuah destinasi wisata Garuda Wisnu Kencana.

“Mereka pilih Bali mungkin karena percaya dengan kita, mungkin ingin mengadopsi keunikan apa yang ada seperti salah satunya masyarakatnya ke TPS pakai pakaian adat, lalu tradisi memukul kulkul. Jadi di beberapa desa menggunakan budaya kulkul, jam 7 pagi mereka memukul kulkul untuk mengajak bersama-sama datang berkumpul,” ujar Ketua KPU Bali.

Kepada media ia menyampaikan nantinya para delegasi akan tiba pada Senin, 12 Februari 2024 dan menginap di Hotel Westin Kawasan Nusa Dua. Kemudian malam harinya Pj Gubernur Bali akan mengundang mereka makan malam bersama di Rumah Jabatan Jayasabha.

Pada keesokan harinya di waktu sore KPU Bali akan memberikan materi seputar pemilu di Bali dan kemudian delegasi melihat dengan siaran langsung proses persiapan tempat pemungutan suara.

“Kemudian besoknya (14 Februari)  mereka ke tiga TPS yaitu dua sekitar Jimbaran dan satu di Penglipuran. Pembukaan mereka ikut lalu makan siang dan lanjut penghitungan suara,” kata Lidartawan.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024