Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air sepanjang Sabtu (10/2). Di antaranya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk merayakan keberagaman budaya di awal tahun baru China Naga Kayu 2024 hingga Indonesia dorong percepatan penyediaan vaksin TBC terbaru.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

Presiden Jokowi ajak rayakan keberagaman budaya di Tahun Naga Kayu
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk merayakan keberagaman budaya serta memperkaya jalinan persaudaraan antar-anak bangsa di awal tahun baru China Naga Kayu 2024.
 
"Di awal tahun baru China Naga Kayu 2024 ini, mari kita bersama-sama merayakan keberagaman budaya yang memperkaya jalinan persaudaraan dan kerjasama antar-anak bangsa," demikian petikan narasi dalam video singkat Reels di akun Instagram @jokowi yang dilansir di Jakarta, Sabtu.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Korban banjir di Demak yang mengungsi di Kudus capai 1.292 jiwa
 
Jumlah warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang terdampak banjir dan mengungsi di Kabupaten Kudus bertambah menjadi 1.292 jiwa, menyusul genangan banjir belum menunjukkan tanda-tanda surut.
 
"Data pengungsi per hari ini, termasuk yang mengungsi di rumah-rumah penduduk jumlahnya mencapai 1.292 jiwa," kata Camat Jati, Kabupaten Kudus Fiza Akbar di Kudus, Sabtu.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Kementerian PUPR mulai perbaiki tanggul Sungai Wulan yang jebol
 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia mulai melakukan perbaikan tanggul kiri Sungai Wulan di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, yang jebol di dua titik.
 
"Perbaikan tanggul jebol sudah dimulai sejak Jumat (9/2) sore dengan menerjunkan sejumlah alat berat," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bob Arthur Lombogia ditemui di sela-sela meninjau pengerjaan tanggul kiri Sungai Wulan di Jembatan Tanggulangin perbatasan Kudus dan Demak, Sabtu.
 
Selengkapnya baca di sini
 
BMKG tetapkan 15 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia
 
Sebagian besar daerah di Indonesia berpotensi diterpa hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan 15 daerah di antaranya ditetapkan berstatus waspada terdampak bencana oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
 
Merujuk data dari laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Sabtu, diketahui bahwa ke-15 daerah berstatus waspada itu meliputi Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Indonesia dorong penyediaan vaksin TBC terbaru dipercepat
 
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendorong upaya percepatan penyediaan vaksin Tuberkulosis (TBC) terbaru melalui Stop TB Partnership (STP) Board Meeting ke-37 yang berlangsung di Kota Brasilia, Brasil.

Budi melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes di Jakarta Sabtu mengatakan, vaksin TBC dapat menjadi solusi perlindungan yang terjangkau secara ekonomi dan menjaga keberlangsungan produktivitas masyarakat.
 
Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024