Madinah (ANTARA News) - Jamaah haji Indonesia yang berada di Madinah mengaku puas dengan makanan katering yang mereka konsumsi setiap hari.

"Soal makanan sangat memuaskan, kita puas dengan sajian makanan. Air minum dan makanan tidak mengecewakan. Rasanya cukup nikmat, Indonesia sekali," kata Sujarwadi asal Jakarta yang ditemui awak Media Center Haji di Madinah, Senin. Hal serupa disampaikan Munawi. Jamaah asal Madura itu menilai layanan katering cukup bagus dan tidak kurang.

"Saya tidak terlalu banyak keluhan. Rasanya enak," kata jamaah asal kloter 5 Bekasi yang mengaku mendapat cukup jatah makanan, minuman serta buah-buahan itu. Sementara itu, ahli gizi Hera Nurlita juga menilai makanan yang dikonsumsi jamaah Indonesia sudah cukup memenuhi standar.

"Selama beberapa hari ini kita kontrol 12 katering yang ada, hampir semua memenuhi standar layanan sesuai kontrak," katanya. Namun, tambahnya, ada yg perlu diwaspadai ketika mereka memberi porsi dalam jumlah yg kurang serta masakan yang terlalu matang sehingga secara nilai gizi juga berkurang.

"Tetapi setelah diberi peringatan mereka memahami," lanjut Hera Nurlita.

Ia mengatakan, uji mikroba terhadap makanan tersebut juga baik sehingga layak dikonsumsi, bahkan hingga lewat empat jam setelah diolah. Sementara itu, juru masak Nani Ratnasih memastikan bahwa rasa masakan yang disediakan katering tersebut hampir menyamai citarasa Indonesia.

"Awalnya memang kurang tetapi setelah kita pantau terus, sudah 80 persen mendekati citarasa Indonesia," katanya.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013