BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 14 Februari 2024
Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut).

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 14 Februari 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Senin.

Dia berharap warga yang melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem berhati-hati karena berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor, bahkan pohon tumbang.

Karena itu dia berharap warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti bantaran sungai, tebing atau berbukit, bahkan di daerah pohon tumbang berhati-hati.

BMKG, kata dia, terus melakukan pemutakhiran data dan informasi melalui kanal-kanal yang terverifikasi.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi 4 meter di perairan kepulauan Sulut 

"Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ajaknya.

Pada hari ini, lanjutnya, wilayah-wilayah berpotensi cuaca ekstrem mencakup Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Pada hari berikutnya cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sementara pada tanggal 14 Februari, menurutnya, kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di wilayah Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Baca juga: Info BMKG: Cuaca Jakarta Senin pagi berawan malam hujan ringan
 Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Sulut berpotensi cuaca ekstrem
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024